Dalam rangka memantapkan persiapan Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVII Tahun 2022 yang dilaksanakan 17-26 November 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali bersama dengan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, meresmikan lapangan atletik berstandar nasional di Kompleks Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (3/11/2022).

Menpora mengatakan, lapangan atletik ini merupakan lapangan pertama yang berstandar nasional di luar Pulau Jawa.

Dia mengapresiasi atas inisiasi Rektor UNP dalam pembangunan lapangan atletik tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada UNP, yang sudah menyiapkan lapangan atletik standar nasional,” katanya usai peresmian lapangan atletik tersebut.

Zainudin berharap lapangan ini dapat menunjang pembelajaran mahasiswa. “Rektor tadi juga menyampaikan, lapangan ini bisa digunakan untuk masyarakat umum dengan persyaratan yang telah ditentukan.”

Selain itu, dia juga berharap, lapangan atletik ini dapat menjadi Pusat Pelatihan Atletik Daerah, yakni para atlet-atlet dapat berlatih di lapangan ini, sehingga pada PON XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut para atlet Sumbar dapat meningkatkan prestasinya.

“Nantinya, para atlet yang dikirim dari Sumatra Barat dapat meraih tiga besar di PON XXI Tahun 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi mengucapkan terima kasih kepada spirit dan sportifitas UNP atas inisiasi untuk membangun sirkuit atletik yang sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 untuk Prestasi Olahraga Nasional.

Alhamdulilah, dengan adanya sirkuit atletik di UNP, Provinsi Sumbar sekarang sudah mempunyai sirkuit atletik bertaraf nasional, selain untuk memenuhi kesiapan POMNAS, sirkuit dapat mengembangkan dan meningkatkan olahraga bagi para atlet maupun mahasiswa di Sumatra Barat,” ujarnya.

Selain itu, gubernur mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Sumbar sebagai salah satu pelaksana Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional guna melaksanakan Implementasi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yaitu untuk program pengembangan lima cabang olahraga, yaitu renang, atletik, panahan, angkat besi dan taekwondo.

“Dengan diresmikannya lapangan atletik ini berharap Kemenpora mendukung pembangunan stadion lainnya di Sumatra Barat, salah satunya Stadion Utama Sumatra Barat di Sikabu Kabupaten Padang Pariaman yang pada awalnya dibangun untuk bidding persiapan Pekan Olahraga Nasional ke XXI yang agar dapat dilakukan di Sumatra Barat, yang ditetapkan oleh pemerintah pusat adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Provinsi Sumatra Utara,” tuturnya.

Namun, lanjut gubernur, pembangunan sarana pendukung lainnya dilokasi tersebut masih belum dapat diselesaikan dengan baik dan membutuhkan anggaran yang cukup banyak untuk penyelesaiannya.

Untuk itu, dia menambahkan, dibutuhkan sinergi Pemerintah Provinsi Sumbar dengan Kemenpora dalam keberlanjutan pembangunan Stadion Sumbar di Sikabu, Padang Pariaman.

Sementara itu, Rektor UNP Ganefri mengatakan, pembangunan lapangan tersebut sudah dimulai pada 22 juni 2022, dengan sumber pendanaan murni dari UNP.

Total areal lapangan sebesar 15.735 meter persegi, tersedia berbagai cabang olahraga atletik  mulai dari lari, lompat jauh, lempar cakram, lempar lembing dan lainnya.

“Terimakasih atas buah tangan Menpora atas ditetapkannya lapangan atletik sebagai DBON (Desain Besar Olahraga Nasional), sehingga kami bisa membangun lapangan yang memenuhi standar untuk mencetak atlet yang berprestasi,” jelasnya. GM

Facebook Comments Box
Bagikan: