Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat (Sekdaprov Sumbar) Hansastri beserta Tim Safari Ramadhan (TSR), mengunjungi Masjid Agung Ashliyah di Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang pada akhir pekan lalu.

Dalam rangka silaturahmi dengan warga Padang Panjang, Sekdaprov Hansastri menyampaikan beberapa program unggulan yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

“Safari Ramadan ini adalah ini adalah kegiatan rutin dalam rangka silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, juga sekaligus untuk menyampaikan program-program pembangunan yang tengah dijalankan pemprov,” katanya.

Paparan itu di antaranya program pencanangan gerakan tanam cabai guna menahan laju inflasi dan pemberian bantuan cadangan pangan beras bagi masyarakat terdampak erupsi Gunung Marapi.

Sekdaprov Sumbar juga menyampaikan program pembangunan yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Pemprov Sumbar, utamanya di bidang pendidikan, pertanian dan pengembangan UMKM.

Hansastri mengungkapkan bahwa lebih dari 30% anggaran pendapatan dan belanja daerah dialokasikan untuk sektor pendidikan, sedangkan untuk sektor pertanian dialokasikan pula anggaran setidaknya sebesar 10% dari APBD Sumbar.

“Anggaran ini diberikan pada lebih dari 200.000 siswa dan 15.000 guru di 380 sekolah, serta 57% masyarakat kita yang berusaha di bidang pertanian,” jelasnya.

Selain itu, program peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga menjadi fokus pemerintah, dengan program unggulan 100.000 Milenial Entrepreneur yang telah melatih 112.000 entrepreneur muda di berbagai kabupaten/kota.

Program pembangunan juga mencakup distribusi bantuan sosial bagi daerah terdampak bencana banjir dan longsor yang belum lama ini melanda Sumatra Barat.

“Ada lima daerah tanggap darurat telah menerima bantuan dengan total bantuan pangan mencapai 388 ton senilai Rp4,5 miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut dalam kesempatan Safari Ramadan ini, Hansastri juga menerima aspirasi dari masyarakat setempat.

Salah satunya berupa proposal untuk pengembangan masjid senilai Rp50 juta. Hal ini tentunya juga selaras dengan salah satu program unggulan Gubernur Sumbar Mahyeldi, yaitu dukungan peningkatan sarana dan prasarana, serta bantuan operasional bagi kegiatan keagamaan.

Di akhir acara, Hansastri menyerahkan bantuan sejumlah mushaf Alquran dan perangkat ibadah yang diterima oleh pelajar setempat dan pengurus Masjid Agung Ashliyah Padang Panjang.

Turut mendampingi Hansastri pada kegiatan Safari Ramadan di Padang Panjang tersebut, Kepala BPKAD Sumbar Rosail Akhyari, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Jumadi, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Winarno, serta jajaran Tim Safari Ramadan Provinsi Sumbar dan Kota Padang Panjang lainnya. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: