Badan Penghubung Upayakan Bangun Generasi Muda Perantau untuk Masa Depan Sumbar

Nasional43 Dilihat

Upaya serius Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) dalam rangka pembinaan dan pengembangan potensi generasi muda Minangkabau yang berada di perantauan terus gencar dilakukan.

Hal itu terutama dari sisi pemanfaatan teknologi mengingat perkembangan zaman yang sangat cepat berkembang di kalangan remaja, sehinga pembentukan karakter generasi muda tidak terlepas dari penyerapan informasi -informasi yang didapat dari segala sumber.

Pembinaan tersebut menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Penghubung yang tidak hanya pelayanan kelembagaan aparatur negara, tetapi juga menjalani fungsinya dalam pembinaan generasi muda Minangkabau di rantau.

Pelaksanaan kegiatan pembinaan generasi muda perantau Minang kali ini dilaksanakan dalam bentuk seminar sehari dalam tema Membangun Generasi Muda Perantau untuk Masa Depan Sumatra Barat di Ijen Suites Convention Hotel Malang.

Sesuai amanah Gubernur Sumbar, melalui program dan kegiatan ini hendaknya dapat membantu generasi muda asal Sumbar agar nantinya mendapatkan dan mempunyai bekal kemampuan, serta wawasan generasi penerus daerah dalam rangka mempromosikan daerah.

Selain itu, juga terciptanya generasi muda yang tangguh untuk berkompetisi dalam merebut peluang pekerjaan baik yang ingin kembali mengabdi di daerah, membangun kampung halaman atau mencari peluang di tingkat nasional maupun kancah internasional.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Subar Aschari Cahyaditama dalam sambutannya mewakili Gubernur Sumbar menuturkan, pembinaan generasi muda adalah langkah penting dalam membangun masa depan yang berkualitas.

“Melalui pembinaan generasi muda kita dapat membentuk generasi yang memiliki karakter, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang positif, serta pemangku kepentingan seperti orang tua dan pendidik dan juga pemerintah. Dengan demikian kita dapat menciptakan masa depan yang gemilang bagi bangsa dan Negara,” kata Aschari.

Kegiatan pembinaan terhadap generasi muda yang kedua kalinya setelah di Kota Semarang, pada kesempatan kali ini Badan Penghubung melaksanakan kegiatan ini dengan nuansa yang sedikit berbeda, hiburan dan pentas seni juga mengisi pada acara tersebut.

Di Kota Malang yang sejuk ini kegiatan tersebut cukup banyak dihadiri oleh kalangan generasi muda asal Minang, juga ada terlihat ada beberapa generasi muda dari Kota Malang yang hadir karena keingintahuannya dalam seminar sehari itu.

Acara tersebut dihadiri sekitar 100 mahasiswa/mahasiswi Sumbar yang menjalankan pendidikan perguruan tinggi yang ada di Kota Malang.

Mereka semua tergabung dalam Organisasi Ikatan Pemuda Pelajar Minangkabau (IPPM) Kota Malang. Turut hadir Djanalis Djanaid, Pembina IPPM Malang.

Kepala Seksi Hubungan Antarlembaga sebagai Ketua Pelaksana Virze Dwi Rozanita menjelaskan, pembinaan generasi muda di Malang ini, menghadirkan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Nizam Ul Muluk dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar yang diwakilkan oleh Pejabat pengawas Prima Yunaldi.

Selain itu, juga hadir undangan dari Perantau Minang Kota Malang Yaitu Ketua DPP Malang Raya Andri Roza, Ketua IKM Sehati Kota Malang Sobri Abisini dan Ketua Gebu Minang Kota Malang Alifnur Rosky.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar berkat kerja sama dan komunikasi yang lancar dari panitia dan pemuda perantau Kota Malang ini,” ujarnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *