Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Hansastri bersama sejumlah pejabat yang tergabung dalam Tim Safari Ramadhan (TSR) Sekda melaksanakan Safari Ramadan di Masjid Taqwa, Jorong Sawah Mudik, Nagari Batahan Utara, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (28/3/2024) malam.

Safari Ramadan ini menjadi safari Sekda Hansastri yang terakhir pada Ramadan 1445 Hijriah/2024.

Sekaligus menjadi safari beliau yang terakhir sebagai Sekdaprov Sumbar, mengingat tahun ini Pak Hans, begitu sapaan akrabnya akan memasuki masa pensiun.

Pada kesempatan itu, Sekda secara simbolis menyerahkan bantuan hibah Provinsi Sumbar kepada pengurus masjid sebesar Rp50juta, beserta puluhan Al Quran dan sarung.

Dalam sambutannya, Hansastri menyampaikan rasa sukacita bisa kembali hadir di nagari Batahan Utara.

Perjalanan tim menuju jorong yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara itu menempuh medan yang ditempuh cukup sulit, karena melalui kawasan perkebunan sawit dengan kontur berbukit, serta jalan yang sebagian besar masih tanah berbatu.

Beberapakali kendaraan rombongan harus berhenti dan menurunkan penumpang karena kendaraan kesulitan menanjak, ditambah jalan yang berlobang, serta suasana hujan dan hari sudah mulai gelap menjelang waktu berbuka puasa.

“Alhamdulillah kami bisa hadir di Sawah Mudik yang sangat berkesan. Terutama 27 tahun lalu, waktu saya kesini hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Seiring dengan adanya pembangunan, jalan sudah bisa pakai mobil, dulu lampu colok, sekarang sudah ada listrik, fasilitas pendidikan,” ungkap Hansastri.

Lebih lanjut Sekda Hansastri menyebutkan, saat ini anggaran di APBD Sumbar senilai kurang lebih Rp6 triliun diprioritaskan pada beberapa sektor pembangunan, terutama sektor pendidikan.

Ustad Amora Lubis, selaku penceramah sekaligus putra asli Nagari Bantahan Utara, dalam tausiahnya menyampaikan tentang peningkatan kualitas amal melalui empat hal, yaitu meluruskan niat, mengikuti sunnah, bersungguh-sungguh dan Tahsinul amal.

Ustad Amora juga meminta agar Nagari Batahan Utara lebih diperhatikan, terutama untuk pembangunan jalan yang belum sepenuhnya diaspal.

“Melalui forum ini, agar aspirasi masyarakat Jorong Sawah Mudiak dan Jorong Sigantang dapat ditampung sepenuhnya,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Pengurus Masjid Taqwa Askanada. Menurutnya, kedatangan rombongan Tim Safari Ramadan Pemprov Sumbar ini merupakan kali pertama.

“Suatu kebanggaan bagi kami dengan kedatangan Bapak Sekda dan rombongan, sebagai pejabat provinsi yang pertama kali datang ke jorong kami yang terpencil. Mudah-mudahan nagari kami ke depan bisa lebih eksis,” ujarnya.

Hadir dalam Safari Ramadan perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat yang diwakili Kepala DPMN Devi Irawan serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Turut mendampingi Sekda dalam Safari tersebut sejumlah pejabat di antaranya Kabiro Umum Setdaprov Sumbar Edi Dharma, perwakilan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, dan perwakilan dari Dinas Perhubungan. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: