Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), maka acara Minangkabau Basapeda Salingka Singkarak akan digelar pada Sabtu (30/9/2023).

Sebanyak 10.000 peserta ditargetkan dari berbagai komunitas dan instansi berbagai daerah akan meramaikan ajang sepeda santai ini.

Hal itu terungkap dalam rapat finalisasi persiapan Minangkabau Basapeda Salingka Singkarak di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar, Padang.

Kadispora Sumbar Maifrizon didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga, Rasydi Sumetry, dalam rapat itu menyatakan, optimismenya bahwa peserta sepeda yang akan menjalani rute berkeliling Danau Singkarak itu akan melebihi target.

“Terhitung hanya dua minggu lagi kegiatan Minangkabau Basapeda akan dilaksanakan. Alhamdulillah target 10.000 peserta kegiatan Minangkabau Basapeda ini hampir tercapai,” katanya.

Para peserta tidak hanya dari wilayah Provinsi Sumatra Barat, tapi Minangkabau Basapeda ini juga diikuti oleh peserta dari provinsi lain, seperti Riau, Jambi, hingga Medan.

Maifrizon menjelaskan, kegiatan ini akan dimulai dari Dermaga Singkarak pada pukul 08.00 WIB dengan menyisiri danau sepanjang 57 km ke arah Utara.

Kemudian, peserta akan melalui check point pertama di Intake PLTA Malalo, lalu check point kedua di Lapangan Ondoh, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, hingga finish di Dermaga Singkarak.

Harapannya, Minangkabau Basapeda juga mampu berdampak kepada pariwisata dan perekonomian di Sumbar.

Salah satunya wisata alam Danau Singkarak akan menjadi pariwisata andalan bagi pengunjung dan peserta nantinya.

Selain itu, panitia pelaksana juga bekerja sama dengan pemerintah kabupaten, kota, kecamatan hingga nagari dalam melibatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan ini.

“Saat ini, kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Pemerintah Kabupaten Solok dan Pemerintah Kota Solok dalam kegiatan Minangkabau Basapeda,” ungkapnya.

Kadispora Sumbar menghimpun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di sekitar rute perjalanan dengan harapan melalui kegiatan ini akan membantu juga dalam peningkatan usaha skala tersebut.

Rencananya, rombongan Minangkabau Basapeda akan dilepas langsung oleh Gubernur Provinsi Sumbar dengan sebanyak 10.000 kupon akan dibagikan dalam rangka pembagian doorprize.

Hadir mengikuti rapat tersebut perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, perwakilan dari Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Solok, serta pihak kepolisian dan wali nagari setempat. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: