Ini Progres Pembangunan Tol Padang – Sicincin dengan Jadwal Selesai Tahun 2024

Ekonomi72 Dilihat

PT Hutama Karya (Persero) atau HK menyampaikan progres konstruksi Jalan Tol Padang – Sicincin yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan progres Jalan Tol Padang – Sicincin mencapai 58,76%.

Dia menuturkan saat ini pihaknya tengah fokus melakukan percepatan penyelesaian pada tol yang ditargetkan akan mulai fungsional pada Juli 2024 tersebut.

“Jika sebelumnya menghadapi sejumlah tantangan, saat ini proyek mengalami kemajuan yang signifikan terlebih setelah mendapatkan dukungan dari para stakeholders mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda hingga Danrem 032/Wirabraja, karena hadirnya tol ini akan memberikan manfaat besar untuk perkembangan wilayah Sumatra Barat,” kata Adjib dalam keterangannya.

Secara teknis, Hutama Karya berkolaborasi dengan Koperasi Korem 032/Wirabraja dalam penyediaan bahan material yang dibutuhkan pada pengerjaan proyek.

Adjib menjelaskan, kehadiran jalan tol yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) ini nantinya berpotensi mendorong pertumbuhan positif pada sektor pariwisata.

Selain itu, kehadiran Tol Padang – Sicincin juga akan meningkatkan konektivitas maupun mobilitas dengan mempersingkat waktu perjalanan dari Sicincin menuju Padang dari 90 menit menjadi 30 menit.

“Selain itu, juga dapat mengoptimalkan sektor perekonomian, mendorong perkembangan UMKM dan menyerap tenaga kerja pada rest area, meningkatkan nilai properti serta memperluas distribusi hasil produksi industri, petani, nelayan, dan peternak,” jelas Adjib.

Untuk diketahui sebelumnya, Jalan Tol Padang – Sicincin sepanjang 36 km dilaporkan menelan anggaran jumbo yaitu mencapai Rp9,8 triliun.

Jalan Tol Padang – Sicincin merupakan bagian dari Jalan Tol Pekanbaru – Padang yang memiliki total panjang mencapai 254 km.

Perinciannya, Seksi 1 Padang – Sicincin, Seksi 2 Sicincin – Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi – Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh – Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan – Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang – Pekanbaru.

Secara lebih rinci, Jalan Tol Pekanbaru-Padang, Seksi 1 Padang – Sicincin akan terbagi menjadi 2×2 lajur pada tahap awal.

Seksi ini akan memiliki tiga gerbang tol yang berada pada STA 1+800, STA 19+000 dan STA 35+800.

Seksi ini juga akan memiliki satu pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/Rest Area) Tipe A yang berada di STA 23+000. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *