Banjir bandang turut menerjang Kabupaten Solok, Sumatra Barat pada Rabu (20/12/2023) pukul 18.00 WIB.

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, banjir tersebut terjadi akibat curah hujan tinggi di hulu sungai Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, sehingga daya tampung aliran sungai melebihi kapasitas normal.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok mencatat sebanyak 2 unit rumah dan 7 unit jembatan rusak berat.

Adapun 2 unit sarana ibadah, lahan pertanian dan perikanan, serta saluran irigasi terdampak akibat kejadian ini.

BPBD Kabupaten Solok melakukan survei lapangan serta mempersiapkan peralatan untuk memfasilitasi evakuasi warga terdampak.

Memasuki periode awal musim hujan, BNPB mengimbau masyarakat dan pemerintah daerah setempat untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi basah.

Ancaman tersebut seperti banjir, tanah longsor maupun banjir bandang yang disebabkan akibat hujan lebat di hulu sungai yang membawa material pepohonan maupun lumpur yang dapat membahayakan pemukiman warga sekitar.

Jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi selama lebih dari satu jam, masyarakat diimbau untuk memperhatikan peningkatan debit air, menghidari lereng yang minim vegetasi serta bagi masyarakat di sepanjang aliran sungai untuk melakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: