Minang Geopark Cycling 2022 Dukung Geopark Sumbar Menuju UNESCO Global Geopark

Olahraga9 Dilihat

Kegiatan Minang Geopark Cycling kembali digelar untuk yang kedua kalinya pada Sabtu (29/10/2022) di Sumatra Barat (Sumbar).

Event bersepeda ini mengeksplor keelokan alam dan Geopark Kabupaten Agam yang diikuti antusiasme ratusan pesepeda dari 110 klub pehobi olahraga sepeda dari berbagai penjuru negeri di tanah air.

Para pesepeda akan menjajal dua etape ditemani pemandangan alam lembah dan danau yang asri dan sejuk hingga Minggu (30/10/2022).

Etape Pertama menyusuri lintasan mengitari Kawasan Geopark Ngarai Sianok, sedangkan Etape Kedua mengambil rute Lawang Park dan berakhir di Danau Maninjau.

Turut bersepeda bersama dengan ratusan pesepeda, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan, event ini merupakan bagian dari kegiatan Geopark Series Sumatra Barat.

Melalui rentetan event berseri ini, Wagub berharap dapat semakin memperkenalkan geopark dan pariwisata Sumatra Barat ke seluruh Indonesia, juga dunia internasional.

“Ini bagian dari Geopark Series Sumatra Barat. Semoga kawan-kawan bisa enjoy dan menceritakan pengalaman Minang Geopark Cycling di kampungnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda menjelaskan bahwa di Sumatra Barat saat ini terdapat tujuh geopark.

Tiga geopark di antaranya adalah geopark nasional dan satu geopark menuju UNESCO Global Geopark (UGGp).

Potensi pariwisata yang besar ini tentu harus terus didengungkan melalui event-event yang menarik, seperti fun bike dan olahraga lari.

“Saat ini fun bike di Minang Geopark Cycling. Nanti, Insya Allah Desember juga akan ada Geopark Run di Silokek, Kabupaten Sijunjung. Semoga betul-betul bisa mendukung pengembangan pariwisata di Sumatra Barat dan perekonomian masyarakat kita,” jelasnya.

Pada tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatra 2023, kedua seri event geopark ini akan kembali digelar dengan skala yang lebih luas.

“Tidak menutup kemungkinan ketujuh geopark akan turut berpartisipasi memeriahkan kegiatan Geopark Series dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing,” ungkapnya.

Joko Sunarbowo, Sub Koordinator Event Wilayah Sumatra dan Kalimantan Kemenparekraf memberikan apresiasi pada Pemerintah Provinsi Sumatra Barat, Pemerintah Kabupaten Agam dan Asosiasi Sepeda Rekreasi Indonesia (ASRI) yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan Minang Geopark Cycling 2022.

Menurutnya, penyelenggaraan event ini dapat mempromosikan dan membantu mendorong geopark yang ada di Sumatra Barat menuju UGGp.

“Kami dari Kemenparekraf berharap Minang Geopark Cycling dapat memberikan manfaat ekonomi, sosial budaya dan keberlanjutan lingkungan di Sumatra Barat,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Edi Busti, saat menyambut wisatawan pegiat hobi sepeda dari seluruh Indonesia itu.

“Semoga acara memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Agam, masyarakat Sumatra Barat, juga teman-teman pesepeda yang hadir dari seluruh Indonesia,” jelasnya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *