Minang Geopark Cycling 2022 Picu Kunjungan Wisatawan VBWS 2023

Olahraga16 Dilihat

Kegiatan Minang Geopark Cycling 2022 dengan peserta ratusan pesepeda dari sekitar 110 klub pehobi olahraga sepeda akan menjadi pemicu tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatra 2023 (VBWS 2023).

Menurut Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, kegiatan itu bertujuan untuk mengeksplor keindahan alam, khususnya yang berada di Geopark Ngarai Sianok-Maninjau.

“Mudah-mudahan dengan terbukanya berbagai akses jalan baru ini akan mendorong lebih banyak wisatawan ke beberapa objek wisata yang kita miliki di Sumbar,” ujarnya.

Gubernur mengatakan, event seperti Minang Geopark Cycling 2022 menjadi salah satu faktor pendorong peningkatan wisatawan pada saat tahun kunjungan VBWS 2023.

“Tentunya hal itu didukung dengan hospitality atau pelayanan masyarakat kepada wisatawan. Kepada masyarakat Sumbar, mari tingkatkan kesadaran kita bahwa pariwisata merupakan suatu hal yang paling cepat meningkatkan perekonomian dan kita punya potensi yang luar biasa di Sumbar,” jelasnya.

Pada Minang Geopark City 2022, para pesepeda menjajal kelok 44, menyusuri Danau Maninjau dari Lawang Park yang berakhir di Linggai Park, Minggu (30/10/2022).

Sebelumnya, di etape pertama para pesepeda menyusuri lintasan Kawasan Geopark Ngarai Sianok menuju Lawang Park.

“Di tahun 2023, Pemerintah Provinsi Sumbar akan mengadakan kegiatan seperti ini. Tentunya hal itu didukung dengan pembangunan infrastruktur, peningkatan hospitality dan pembukaan akses jalan, seperti Jalan Alahan Panjang menuju Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, akses Jalan Malalak-Maninjau dan Jalan Pasaman Barat menuju Pelabuhan Teluk Tapang.

Gubenrur Mahyeldi berpesan kepada seluruh bupati dan wali kota di berbagai wilayah Sumbar untuk menjaga kebersihan dan keasrian destinasi-destinasi wisata.

“Kesadaran kebersihan ini patut dibangun dari lapisan paling bawah, seperti Kelompok Sadar Wisata yang ada di berbagai Nagari, sehingga di tahun 2023 akan lebih membangkitkan gairah wisatawan untuk datang ke Sumbar,” tuturnya.

Mendukung hal tersebut, Bupati Kabupaten Agam Andri Warman menjelaskan bahwa dalam rangka tahun kunjungan VBWS 2023, pihaknya akan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pariwisata di Sumbar.

“Agam lengkap dengan potensi alamnya, seperti Danau Maninjau, Ngarai Sianok, Pantai Tiku, seusai rencana Buya Mahyeldi saya akan dukung penuh VBWS 2023,” ungkapnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Agam akan secara rutin menggelar event bersepeda untuk memicu kunjungan wisatawan di Agam, karena terlihat seperti sekarang ini banyak sekali peserta yang hadir dari berbagai provinsi.

Sementara itu, Sub Koordinator Event Wilayah Sumatera dan Kalimantan Kemenparekraf Joko Sunarbowo menyatakan, dengan semakin bertambah jumlah pesepeda ini akan menggenjot promosi pariwisata di Kabupaten Agam.

Namun, dia berpesan kepada semua pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan turut membantu memajukan pariwisata ekonomi kreatif.

“Gali dan kembangkan terus potensi kearifan lokal, sinergi dan kolaborasi merupakan kunci utama untuk mewujudkan pariwisata Kabupaten Agam semakin juara,” katanya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar