Galundi Singkarak Festival Berlatar Keindahan Sawah, Bukit dan Danau

Seni & Budaya21 Dilihat

Kegiatan Galundi Singkarak Festival di Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuah Selatan, Kabupaten Tanah Datar, kembali digelar.

Untuk kedua kalinya festival di pinggir danau ini mengkolaborasikan beragam kreativitas seni budaya Minangkabau dan hasil olahan pertanian, perkebunan dan perikanan masyarakat setempat.

Selama 29-30 Oktober 2022 di Galundi, pinggiran Danau Singkarak yang indah banyak atraksi seni budaya yang ditampilkan.

Atraksi itu di antaranya pacu biduak, silek tuo langkah ampek, maarak talam, dan makan bajamba, hingga peragaan batik galundi dengan latar pemandangan danau, hamparan sawah dan perbukitan.

Penyelenggaraan festival swadaya anak nagari ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy.

Menurutnya, Tanah Datar merupakan kabupaten yang layak dicontoh, misalnya, di sektor pariwisata ada Nagari Pariangan yang tahun ini masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Nagari Pariangan, Tanah Datar sudah masuk dalam 50 besar desa wisata di Indonesia. Kalau bisa jadi juara akan jadi pertama kali perwakilan Sumatra Barat bisa juara satu. Kalau Pariangan di gunung, sekarang di danau, Galundi ini juga bisa menjadi salah satu desa wisata,” kata Wagub Audy.

Namun, lanjutnya, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, karena menjadi bagian terpenting dalam pengembangan pariwisata, Kabupaten Tanah Datar harus mempersiapkan sumber daya manusia yang betul-betul dapat memberikan pelayanan dengan baik dan menjaga kebersihan destinasi wisata.

“Yang penting itu bukan infrastruktur, tapi SDM. Pelayanan yang baik dan kebersihan yang harus dijaga,” ujar Wagub.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menjelaskan Galundi Singkarak Festival bertujuan untuk menggali potensi-potensi yang ada di nagari, mulai kuliner hingga potensi wisata dan kreatifitas lainnya.

“Dengan Galundi Festival Singkarak yang dihadiri oleh berbagai tamu undangan ini, kita ingin menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu potensi Nagari Batu Taba,” kata Eka Putra.

Selain itu, dia juga menyampaikan rencana pembangunan dermaga wisata untuk mendukung Nagari batu Taba sebagai desa wisata unggulan di Danau Singkarak.

Mengingat salah satu daya tarik Galundi, Batu Taba adalah akses jalur akses menuju destinasi yang dapat dilalui dengan perahu tamasya.

“Kita ingin Nagari Batu Taba dimasukkan sebagai desa wisata, tentunya ini butuh support dari berbagai pihak,” ungkapnya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *