Semangat Tinggi Bentuk dan Kembangkan Kampung Keluarga Berencana di Kota Padang

Kesehatan48 Dilihat

Semangat untuk membentuk dan mengembangkan Kampung Keluarga Berkualitas (KKB) di Kota Padang semakin tinggi, hal ini dapat dilihat dari jumlah kampung KB di Kota Padang pada tahun 2022 ditarget membetuk 104 KKB se-Kota Padang.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) DP3AP2KB Kota Padang Andi Amir memfasilitasi pembentukan KKB di Kecamatan Padang Utara, Senin (17/10/2022).

“Khusus di Padang Utara Kampung KB Berok Gunung Pangilun merupakan percontohan di tingkat Provinsi Sumatra Barat,” katanya.

Menurut Andi, kebeberadaan kampung keluarga berkualitas adalah strategi Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dalam pemberdayaan masyarakat di tingkat kelurahan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Pelaksanaan kampung KB harus menjalankan delapan fungsi keluarga dengan baik oleh setiap keluarga, yakni fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan pembinaan lingkungan,” jelasnya.

Hal ini adalah strategi Pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera, Andi menambahkan, dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga tersebut.

Andi menuturkan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk membantu keluarga lebih bahagia, sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

Sementara itu, Camat Padang Utara Pagar Anas meminta para lurah di wilayah kerjanya agar segera membuat Surat Keputusan (SK) kelompok kerja (Pokja) Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di kelurahan masing-masing.

Camat Pagar Anas menyatakan, pembentukan Kampung KB adalah upaya mendekatkan pelayanan dan pembangunan pada sektor terintegrasi ke kelurahan, sehingga bisa mewujudkan pembangunan keluarga yang lebih berkualitas di Padang Utara.

“KB itu miniatur seluruh program pembangunan, program keroyokan (kerja bersama) oleh pemerintah, swasta dan masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan pembentukan KB diikuti oleh para lurah, kasi kecamatan dan Korwil PKB Padang Utara di aula kantor Camat Padang Utara. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *