Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) terus mengkampanyekan gemar memakan ikan ke masyarakat sebagai upaya peningkatan gizi terutama di kalangan anak-anak.

“Kampanye mengkonsumsi ikan dilakukan dengan bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dengan berkolaborasi dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga,” kata Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus di Simpang Empat.

Dinas Perikanan Pasaman Barat bersama Forikan mengunjungi sejumlah sekolah dan mengadakan perlombaan memasak ikan untuk mengkampanyekan gemar makan ikan.

Selain mendorong peningkatan konsumsi ikan, lanjutnya, juga menerima sejumlah anak pendidikan anak usia dini berkunjung ke Dinas Perikanan untuk mengenal lebih jauh manfaat ikan bagi kesehatan.

Zulfi mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan karena ikan memiliki kandungan gizi yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

“Mengonsumsi ikan sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Kandungan proteinnya sangat tinggi sehingga dapat memenuhi gizi yang seimbang,” ungkapnya.

Menurut Zulfi, Pasaman Barat merupakan salah satu daerah penghasil ikan di Sumbar.
Produksi ikan di Pasaman Barat, mencapai 27.773 ton pada Triwulan I/2024 dari target 122.709 ton selama tahun 2024.

Produksi itu terdiri dari perikanan tangkap sebanyak 26.355 ton dan perikanan budidaya 1.418 ton.

“Pada umumnya produksi masih stabil dan kita optimis target yang kita tetapkan dapat tercapai hingga akhir tahun,” katanya.

Dia menambahkan, dari total target yang ditetapkan dengan rincian untuk target produksi ikan tangkap sebesar 111.610 ton, untuk perikanan budidaya 6.213 ton dan produksi olahan ikan sebanyak 4.883 ton. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: