Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) dan Balai Wilayah Sungai Sumatra (BWSS) V Padang sepakat membenahi kawasan Batang Arau Padang.

Wali Kota Padang Hendri Septa bersama dengan perwakilan dari PT Pelindo, Manager Pelayanan Kapal Mardianto dan Satuan Kerja Operasional (Satker Op) BWSS V Padang Adit, serta peserta goro, ikut turun ke Batang Arau mengangkat sampah.

Menurut keterangan Diskominfo Kota Padang, kesepakatan tersebut terwujud saat gotong royong bersama dengan membersihkan Batang Arau pada Minggu (30/10/2022).

“Kesepakaran tersebut tentu untuk memajukan industri pariwisata, yang selalu didengungkan oleh Pemerintah Kota Padang,” kata Wali Kota Hendri.

Obsesi wali kota adalah mewujudkan Kota Padang yang bersih, indah, tertib dan nyaman, khususnya di kawasan Batang Arau terus dipacu, serta perlu dukungan masyarakat dan berbagai pihak.

Ada sekitar delapan bangkai kapal yang harus dikeluarkan dari kawasan Batang Arau.

Kali ini, upaya membersihkan kawasan muara atau Batang Arau dan bangkai kapal tersebut, dapat dukungan sepenuhnya pihak terkait di kawasan itu, di antaranya dari PT Pelindo, jajaran BWSS V Padang dan instansi terkait lainnya.

Terlihat hadir Asisten I Edy Hasymi, Kepala Damkar Budi Payan, Kadinas Perikanan Guswardi, Kepala BPBD Endrizal, Kasatpol PP diwakili Deni Baba, Kepala Diskominfo diwakili Rina Endarhati, Kadis Pariwisata Eri Sanjaya, Kadishub Yudi Insani,  Camat Padang Selatan Jasman, Forkopimcam, dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Ikut goro antara lain, jajaran PT Pelindo, BWSS V, jajaran Damkar, BPBD, DLH, SATPOL  PP, Dinas Perikanan dan Pangan, Dishub, Dispar, Kominfo, jajaran Kecamatan Padang Selatan, berbagai komunitas, warga setempat, serta pasukan kebersihsn Kota Padang.

Selama ini, arus lalu lintas perairan itu terlihat kurang lancar dan agak terganggu dengan kondisi kebersihan yang kurang memadai, banyaknya bangkai kapal dan masih terjadi pendangkalan di sungai tersebut.

Maka dari itu, Pemkot Padang dan pihak terkait menargetkan akhir tahun 2022 kawasan tersebut betul betul sudah bersih, sehingga arus lalu lintas perairan di kawasan muara/Batang Arau semakin lancar dalam suasana bersih.

Selanjutnya, pihak PT Pelindo, BWSS V dan Pemkot Padang akan duduk untuk membahas lebih serius mewujudkan kawasan Batang Arau yang bersih, indah dan nyaman.

Kedua belah pihak, yakni PT Pelindo dan BWSS V akan membawa permasalahan ini ke tingkat nasional, untuk diambil langkah yang diperlukan, untuk penataan kawasan muara dan Batang Arau yang lebih baik ke depannya.

Wali Kota Hendri berharap upaya memajukan industri pawisata di daerah Batang Arau akan menjadi kenyataan. Apalagi, lanjutnya, ada imbasnya dari kegiatan itu, di antaranya pendapatan per kapita masyarakat dan devisa negara/daerah akan meningkat. GM

Facebook Comments Box

Bagikan: