Gubernur Berpesan Untuk Tingkatkan Pendidikan dan Kesehatan Keluarga

Kesehatan28 Dilihat

Satu hadis Rasullah SAW mengatakan bahwa perempuan merupakan tiang negara, jika baik wanitanya, maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya.

Kalimat tersebut disampaikan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi saat membuka acara pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Angkatan IV yang diadakan di Grand Rocky Hotel, Padang, Kamis (17/11/2022).

“Ketika perempuan-perempuan mempunyai keterampilan, ketika itulah perekonomian keluarga bisa terbantu,” ujarnya.

Menurut gubernur, menjadikan keluarga yang berpengetahuan merupakan salah satu output yang diinginkan dari kegiatan ini.

Oleh karena itu, lanjutnya, sebuah keharusan bagi kelompok PKK untuk mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan di kalangan perempuan-perempuan.

Pelatihan ini bertemakan Melalui Peningkatan Kapasitas Kelompok PKK. Kita Tingkatkan Peran Aktif dan Partisipasi Kelompok PKK dalam Pencegahan dan Percepatan Penurunan Stunting Melalui 10 Program PKK untuk Mewujudkan Keluarga Sehat, Cerdas dan Berkualitas.

Kegiatan yang berlangsung pada 17-19 November 2022 ini ditujukan untuk dapat mengurangi masyarakat yang terkena stunting. Pengetahuan tentang hidup sehat harus di sosialisasikan dan diberitahukan kepada setiap masyarakat.

“Untuk menekan angka stunting, kuncinya adalah ibu-ibu. Kelompok PKK jawabannya,” tegas Buya.

Ilmu pendidikan itu penting, gubernur menambahkan, tidak hanya dari ibu tetapi juga dari ayah, karena pengetahuan tentang keluarga adalah ilmu yang harus dipahami kedua orang tua.

“Informasikan kepada keluarga kita sendiri, bagaimana kita hidup sehat. Atau kepada masyarakat agar dilakukan penyuluhan,” ujarnya.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Amasrul juga menyebutkan bahwa esensi dari pelaksanaan kegiatan ini yang tidak lain adalah untuk membantu meningkatkan wawasan dan pengetahuan kelompok PKK.

“Sebab itulah acara ini diadakan. Ilmu parenting perlu dipahami setiap masyarakat dalam kehidupan berumah tangga,” katanya.

Gubernur Buya mengungkapkan masih ada beberapa hal penting yang harus dijaga dan diperhatikan, baik dari segi kebersihan, pengetahuan, kenyamanan, maupun keamanan dan pola asuh sesuai dengan program yang akan digencarkan kelompok PKK.

“Melalui pola hidup sehat, saya berharap semoga dapat meminimalisir stunting pada anak usia dini,” ungkapnya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar