Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menegaskan bahwa pendidikan berperan sangat penting untuk menemukan, menumbuhkan dan melindungi potensi setiap anak dan remaja.

Hal itu disampaikan gubernur saat memimpin rombongan Tim Safari (TSR) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar di Masjid Al Amin Perumahan Kordang Damai, Korong Gadang, Kuranji, Kota Padang, Kamis (14/3/2024).

“Ketika orang tua dan sekolah sudah melihat potensi dan bakat anak, maka tugas kita adalah menjaga dan menumbuhkembangkan potensi itu. Jika ada hal-hal yang akan mengganggu proses pengembangan potensi itu, lekas singkirkan. Selain itu, kita wajib memberikan teladan yang baik bagi anak remaja kita,” ujarnya.

Pemprov Sumbar, lanjut Gubernur, memiliki concern dan komitmen yang besar pada sektor pendidikan, terbukti dari gelontoran anggaran daerah ke sektor pendidikan yang sangat dominan.

Selain anggaran Rp2,6 triliun di Dinas Pendidikan Sumbar, juga tersebar miliaran anggaran lain di beberapa OPD di lingkup Pemprov Sumbar, yang ditujukan untuk mendukung potensi dan minat anak remaja Sumbar.

“Namun, dalam pelaksanaannya kita menyadari begitu banyak rintangan yang dihadapi. Mulai dari kenakalan remaja, tawuran, narkotika, pergaulan bebas, dan lain sebagainya yang sangat berpotensi merusak mental dan fisik anak remaja kita,” jelasnya.

Oleh karena itu, Gubernur menambahkan, pembekalan pendidikan sangat perlu dilakukan dengan semaksimal mungkin, baik di rumah, sekolah, mau pun di tengah kehidupan dan lingkungan bermasyarakat.

Terlebih lagi dalam momentum Ramadan yang sedang dijalani, maka pembekalan pendidikan bagi anak dan remaja perlu dilakukan secara lebih maksimal.

“Pemprov Sumbar bekerja sama dengan pemerintah kota/kabupaten, selama Ramadan ini sepakat memindahkan proses pendidikan ke rumah ibadah, terutamanya ke masjid. Ini bertujuan, agar selain terus mendapatkan bekal pengetahuan, anak dan remaja kita juga terus dipupuki dengan keimanan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga menyerahkan bantuan hibah pengembangan pembangunan Masjid Al Amin dari Pemprov Sumbar senilai Rp25 juta.

Selain itu, gubernur juga turut menyerahkan bantuan hibah dari PT Semen Padang, Bank Nagari dan sejumlah lembaga lainnya untuk pengembangan pembangunan rumah ibadah tersebut.

Turut hadir mendampingi Gubernur dalam kesempatan itu, jajaran Pejabat Eselon II atau Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar dan sejumlah pimpinan lembaga dan instansi vertikal lainnya di Provinsi Sumbar.

Dalam agenda Safari Ramadan di Kota Padang, Gubernur juga akan menyalurkan bantuan renovasi rumah tidak layak huni dari Baznas Provinsi Sumbar dan memberikan tausiah Subuh Mubarakah di kawasan Lubuk Minturun. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: