Padang Bagoro Kembali Digelar Pemko di Tahun 2024

Sosial20 Dilihat

Program Padang Bagoro sebagai terobosan Pemerintah Kota Padang untuk menggelorakan semangat bergotong-royong bagi warga Kota Padang akan kembali berlanjut di tahun 2024.

Mengawali pelaksanaanya di tahun ini, kegiatan yang dilakukan setiap sekali dalam sebulan itu akan dimulai pada 28 Januari serentak di 11 kecamatan.

Hal itu dikemukakan Wali Kota Padang Hendri Septa saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi Program Padang Bagoro di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin (15/1/2024).

Dia mengatakan, sejak diluncurkan pada 17 Juli 2022, program Padang Bagoro telah berjalan dengan cukup efektif.

“Program ini sejatinya upaya kita untuk menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, minimal di lingkungan halaman rumahnya sendiri. Insyaallah akan menjadikan Kota Padang sebagai kota yang bersih dari sampah dan terjaga keasrian lingkungannya,” katanya didampingi Sekdako Andree H. Algamar.

Orang nomor satu di Kota Padang itu menambahkan, Program Padang Bagoro juga diyakini menjadi solusi yang tepat dalam mengantisipasi permasalahan sampah di Kota Padang yang mencapai 660 ton per hari.

“Kita juga berharap bagaimana seluruh warga Kota Padang mampu meminimalisir penggunaan sampah plastik di samping dapat memilah dan juga mengolah sampah menjadi benda yang bernilai. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan bank sampah per-RW,” ujarnya.

Pada saat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Fadelan Fitra Masta menjelaskan, untuk teknis pelaksanaan program Padang Bagoro di tahun 2024 memiliki nuansa yang sedikit berbeda.

“Untuk pelaksanaan Program Padang Bagoro akan dilakukan setiap sekali sebulan pada hari Minggu mulai pukul 07.00 hingga pukul 10.00 WIB sesuai tanggal yang ditentukan kecuali di bulan Ramadan. Sebagai motivasi akan ada pemberian reward bagi RT dan RW terbaik sesuai indikator penilaian,” jelasnya.

Fadelan menambahkan, ada imbauan partisipasi bagi setiap ASN Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk wajib membuat postingan keikutsertaan dalam aksi Padang Bagoro melalui unggahan foto/video ke media sosial FB/Instagram dengan format hashtag #padangbagoro.

“Bagi siswa sekolah se-Kota Padang juga kita minta melakukan hal yang sama,” ungkapnya. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *