Gedung Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Bundo Kanduang Kantor Dinas Sosial Kota Padang baru saja diresmikan.

Kehadiran gedung SLRT merupakan bentuk peningkatan layanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Padang kepada masyarakat.

“Dengan adanya gedung ini nantinya masyarakat dapat melaporkan permasalahan sosial yang dialami untuk ditindak lanjuti oleh Dinas Sosial Kota Padang,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa, baru-baru ini.

Gedung SLRT merupakan bagian dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang harus diperoleh oleh masyarakat.

Pada tahun 2023, Kota Padang menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai kota terbaik nomor tiga se-Indonesia dalam penilaian SPM itu.

Hendri Septa menjelaskan, dengan adanya gedung SLRT diharapkan dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial masyarakat, terutama yang berkaitan dengan penurunan angka kemiskinan dan stunting.

Alhamdulillah, kemarin kita baru saja mendapat penghargaan dan DAK sebesar Rp7,3 miliar yang diserahkan BKKBN Wilayah Sumatra Barat, karena terbaik dalam mengurangi angka keluarga berisiko stunting di Kota Padang. Selanjutnya kita juga akan berupaya menurunkan angka kemiskinan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Padang Heriza Syafani menambahkan, gedung SLRT ini berfungsi untuk mengakomodir berbagai permasalahan sosial masyarakat yang masuk maupun yang belum masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Padang, yang belum terakomodir di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

“SLRT merupakan layanan terpadu yang bertujuan untuk menampung dan menjembatani permasalahan sosial masyarakat, seperti masyarakat yang belum mendapat bantuan PKH, bantuan sekolah, bantuan pendidikan, bedah rumah, dan lain-lain bisa dilaporkan melalui gedung ini,” ujarnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: