Perhelatan tahunan Rang Solok Baralek Gadang yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Solok, Sumatra Barat kembali digelar pada Kamis (22/9/2022).

Ribuan warga turun ke hamparan Sawah Solok dalam semarak menyambut hasil panen padi yang melimpah.

Beragam kegiatan seni tradisi, permainan anak nagari, bazar hingga festival layang-layang internasional ditampilkan untuk menghibur masyarakat, maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Solok dari 22-25 September 2022.

Namun, berbeda dari perhelatan pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini untuk pertama kalinya Rang Solok Baralek Gadang menjadi salah satu acara unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Rizki Handayani mengatakan, Kota Solok terpilih sebagai sebagai satu kota unggulan KEN, karena keunikannya sebagai penghasil beras.

“Setiap tahun kami memilih 110 event dari seluruh Indonesia. Solok terpilih karena terkenal dengan berasnya, dan Solok Baralek Gadang ini unik, karena satu-satunnya event yang diselenggarakan di sawah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy menyampaikan kebanggaannya terhadap penyelenggaraan Rang Solok Baralek Gadang.

Dia menjelaskan bahwa event juga merupakan pemantik bagi tahun kunjungan Visit Beautiful West Sumatra 2023.

“Kami juga sedang menyusun event-event yang akan dilaksankan di kota dan kabupaten sepanjang tahun 2023,” ungkap Wagub Audy.

Selain itu, dia juga menyinggung rencana pembukaan kembali penerbangan internasional dari Kota Padang ke Kuala Lumpur.

Insya Allah segera reopening, tinggal menunggu izin trayeknya,” tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menuturkan, kegiatan Rang Solok Baralek Gadang merupakan salah satu anugerah Kota Solok.

Tanah Solok, lanjutnya, yang mempunyai Indikasi Geografis unik dapat menghasilkan beras dengan kearifan lokal dan terkenal di tingkat nasional.

“Salah satu rahmat dari Allah adalah lahan Kota Solok yang subur. Tanah Solok punya indikasi geografis, sehingga tanah yang subur menghasilkan bareh solok dengan kearifan lokal yang luar biasa. Jadi, Adat Basandi Syarak akan membumi di Kota Serambi Madinah ini,” katanya. GM

Facebook Comments Box

Bagikan: