Bupati Solok Epyardi Asda membuka Gebyar Alek Barayo Basamo (pesta Lebaran bersama) Nagari (Desa) Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar) dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Ketua Pelaksana Gebyar Alek Barayo Basamo Koto Baru III Bobby Agustrio mengatakan, kegiatan Gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan selama dua hari dan diawali dengan pembukaan oleh Bupati Solok.

Selain itu, saat pesta lebaran bersama tersebut juga digelar Bararak Saribu Tuduang Sulaman Ameh oleh para bundo kanduang (berarak seribu tudung sulaman emas oleh para bunda kandung) di Nagari Koto Baru.

Gebyar Koto Baru III ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, sekaligus memperkenalkan dan mengekspos kebudayaan Nagari Koto Baru, Kabupaten Solok.

Selain itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengapresiasi rangkaian kegiatan yang digelar oleh masyarakat Nagari Koto Baru dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

“Terima kasih atas undangan dari masyarakat Kabupaten Solok, sehingga saya berkesempatan hadir pada kegiatan kita hari ini,” ujarnya.

Dia juga berharap semoga kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan dan dilestarikan sehingga adat istiadat dan kebudayaan di Minangkabau tidak hilang ditelan masa.

Menurutnya, walaupun dengan perubahan zaman dan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju, tetapi adat istiadat dan kebudayaan Minangkabau tidak boleh dilupakan, yakni Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah harus terus dijaga kelestariannya.

“Kegiatan ini luar biasa dan bisa dijadikan sebagai wisata andalan di Kabupaten Solok, apalagi saat ini Kabupaten Solok tengah menjadi tujuan wisata bagi wisatawan-wisatawan di dalam maupun di luar Sumatera Barat,” jelasnya.

Dia menambahkan, Kabupaten Solok tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki alam yang indah, tetapi juga dengan keragaman budaya dan kuliner yang luar biasa.

“Melalui wisata nantinya kita berharap dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Solok,” ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Solok melepas, sekaligus ikut bersama rombongan arak-arakan Saribu Tuduang Sulaman Ameh yang diikuti oleh para bundo kanduang Nagari Koto Baru. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: