Ajang Promosi Wirausaha Sumbar Melalui Masjid di Road to WIES 2025

Seni & Budaya37 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar kembali menggelar World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2025 dengan konsep promosi wirausaha melalui masjid.

Hal tersebut diungkapkan Ketua BPPD Sumbar Sari Lenggogeni dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Sumbar pada Jumat (5/7/2024).

“Benar, kita akan melaksanakan WIES 2025 setelah tahun 2023 pada 6 – 11 September. Alhamdulillah kita Badan Promosi Pariwisata Daerah bersama Pemprov melalui Dinas Pariwisata Provinsi dan Kemenparekraf, saat itu kita berhasil menggaet partisipan lebih dari 20 negara,” ungkapnya.

Sari berharap, kegiatan WIES ini nantinya akan menjadi agenda tetap di Sumbar, terlebih dengan kesuksesan yang dicapai pada penyelenggaraan WIES 2023.

Selain itu, dengan diselenggarakannya Road to WIES 2025 di Masjid Raya, Sari juga berharap kegiatan tersebut akan menjadi starting point bagi masjid-masjid dalam memperluas fungsinya. Tidak hanya untuk beribadah, tetapi juga menjadi tempat pertumbuhan ekonomi Islam.

“Di 2025 ini, untuk temanya mempromosikan wirausaha melalui masjid. Masjid itu bukan lagi keberadaannya yang secara tradisional sebagai dakwah, tempat ibadah, tapi juga sebagai pusat perekonomian, digitalisasi, dan inovasi,” jelas Sari.

WIES memiliki konsep sebagai platform yang menemukan 99% usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan satu persen investor besar dari berbagai negara.

WIES pertama kali diselenggarakan pada tahun 2023 dan mendapatkan respons positif dari berbagai pihak.

Sari mengharapkan kelanjutan dari WIES ini berupa minat investor untuk berinvestasi di Sumbar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dispar Sumbar Luhur Budianda menjelaskan, Road to WIES 2025 dilaksanakan pada Minggu, 7 Juli 2024 di Masjid Raya yang bersamaan dengan peresmian penamaan Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. Acara tersebut, dengan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sekaligus untuk membuka rangkaian WIES 2025.

“Pada hari Minggu besok kita akan mengadakan Road to WIES 2025 yang Insyaallah dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau juga akan membuka atau melakukan launching World Islamic Enterpreneur Summit 2025, sehingga ini adalah jembatan untuk menuju WIES 2025,” tutur Budi.

Road to WIES 2025 merupakan kegiatan talkshow yang akan dihadiri oleh tokoh-tokoh dari dalam dan luar negeri.

Selain Menteri Parekraf, Road to WIES 2025 juga akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumbar dan perwakilan dari Masjid Istiqlal Jakarta.

Tokoh dari luar negeri yang akan hadir adalah Manager Program Pengembangan Industri Halal Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, COO dan Co-Founder Incitement Malaysia, serta Presiden Direktur MFB & Co. Company dari Arab Saudi yang juga merupakan keturunan dari Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.  GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *