Pemprov Sumbar Kembali Meraih Anugerah Merdeka Belajar 2024

Nasional37 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) kembali berhasil meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Penghargaan Pemerintah Daerah Transformatif untuk Kategori Pengelolaan Program Indonesia Pintar  (PIP) ini diterima Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada Puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar yang digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (5/7/2024) malam.

Dalam keterangannya Gubernur Mahyeldi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendikbudristek di bawah pimpinan Nadiem Makarim atas anugerah tersebut.

“Ini adalah penghargaan, wujud keseriusan Pemprov Sumbar di bidang transformasi pendidikan khususnya kesungguhan memaksimalkan serapan PIP untuk masyarakat yang anaknya sedang bersekolah, tetapi kurang mampu dari segi pembiayaan pribadi peserta didik,” katanya.

Dia menjelaskan, melalui Dinas Pendidikan, pihaknya akan terus berupaya , berinovasi serta bersungguh-sungguh menyiapkan generasi unggul masa depan, salah satunya melalui optimalisasi serapan Pengelolaan PIP.

“Bantuan pembiayaan satuan pendidikan ada program BOS, maka pembiayaan pribadi peserta didik ada pgoram PIP, yang didukung oleh anggaran pemprov melalui Program Beasiswa Rajawali,” jelas Gubernur Mahyeldi.

Lebih lanjut, dia berharap kepada Kemendikbudristek, agar kedepannya Pengelolaan PIP lebih ditingkatkan lagi, baik dari siswa yang menerima manfaat serta besaran nominal dana yang diterima oleh siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar H. Barlius yang mendampingi Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada Kemendikbudristek.

“Kami selalu serius dan bersungguh-sungguh menindaklanjuti program unggulan Kemendikbudristek dalam transformasi pendidikan dan program-program lainnya,” tuturnya.

Barlius menambahkan, Disdik Sumbar punya tim khusus PIP yang mengawal mulai pengusulan penerima PIP, pengimputan di Dapodik sekolah, memastikan penginputan data telah benar dan nomor rekening siswa aktif.

Tidak hanya itu, Disdik secara berkala juga melakukan sosialisasi kepada kepala sekolah menghimbau siswa penerima manfaat segera mancairkan PIP ke Bank bila PIP sudah masuk rekening, juga memantau dan memastikan penggunaan dana PIP betul-betul untuk kebutuhan pribadi siswa bersekolah.

“Ini selalu kami awasi, dana ini peruntukkannya bukan untuk membiayai kebutuhan rumah tangga atau membeli barang-barang tak sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Keberhasilan Pemprov Sumbar terlihat dari data tahun 2023, Dinas Pendidikan Sumatera Barat berhasil mencairkan 98% penyerapan PIP untuk siswa SMA/SLB, dan 95,62% siswa SMK.

Jumlah dana yang cair sebesar Rp63.150.000.000, untuk 76.318 siswa, sedangkan Semester I/2024 telah dicairkan dana sebesar Rp44.577.000.000 untuk 58.033 siswa SMA/SLB dan SMK se-Sumatra Barat.

Sebagai informasi, Anugerah Merdeka Belajar merupakan apresiasi paling bergengsi Kemendikbudristek kepada pemerintah daerah yang berkomitmen tinggi dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan melalui transformasi pendidikan.

Pada ajang itu sejumlah indikator transformasi pendidikan sebagai implementasi gerakan Merdeka Belajar mendapatkan apresiasi. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *