Program Ubah Wajah Sungai Batang Arau

Ekonomi, Sosial12 Dilihat

Wali Kota Padang Hendri Septa menerima kunjungan dari Andrinof Chaniago, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Komisaris PT Bank Mandiri pada Senin (26/9/2022).

Mereka pun membahas berbagai hal khususnya dalam menyiapkan program aksi tiga bulan mengubah wajah Sungai Batang Arau.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita menyambut baik atas niatan beliau yang berkenan ikut membantu dalam mengubah wajah Sungai Batang Arau ke depan,” ujar Hendri Septa dalam pertemuan yang dilangsungkan di kediamannya, seperti dikutip dari situs padang.go.id.

Diketahui Sungai Batang Arau adalah salah satu sungai besar yang ada di Kota Padang dan berharap melalui upaya ini kondisi air sungai tersebut menjadi lebih baik, terutama sekali bersih dari sampah tentunya.

Hendri Septa juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Padang akan terus melakukan berbagai upaya dalam merevitalisasi Sungai Batang Arau.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan termasuk mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang tepi aliran sungai itu agar tidak membuang sampah ke sungai. Semoga dengan adanya rencana dan gagasan dari Pak Andrinof kali ini semakin menguatkan upaya kita bersama mengubah wajah Sungai Batang Arau ke depan,” jelasnya.

Sementara itu, Andrinof Chaniago menuturkan Sungai Batang Arau adalah salah satu sungai yang pernah menjadi ikon wisata yang memiliki catatan ‘history’ di Kota Padang.

“Sungai Batang Arau punya sejarah yang unik, pada dahulu kala di sepanjang kawasan sungai tersebut pernah menjadi tempat berdagangnya para saudagar. Cukup sayang sekali jika potensi sungai ini tidak dimanfaatkan,” ungkapnya.

Chaniago mengungkapkan bahwa pihaknya punya program yang mana selama tiga bulan saja siap merubah wajah Sungai Batang Arau.

Salah satu dari berbagai upaya yang akan kita lakukan yaitu mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggir sungai dari hulu ke hilir. “Semoga dapat kita realisasikan dalam waktu dekat.”

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang di antaranya Sekda Kota Padang Andre Algamar bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi dan Kepala Bappeda Yenni Yuliza dan Kadis Pariwisata Eri Sendjaya.

Selain itu, hadir juga Kepala BPBD Endrizal, Kepala DLH Mairizon serta Kabag Prokopim Amrizal Rengganis, Kabag Tata Pemerintahan Imral Fauzi, dan lainnya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *