POMNas XVII Dapat Gairahkan Semangat Olahraga di Sumbar

Olahraga8 Dilihat

Hadirnya para ribuan atlet Pekan Olahraga Siswa Nasional (POMNas XVII) dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dapat memberikan semangat dan gairah bagi para pelajar di Sumatra Barat (Sumbar) yang mempunyai ketertarikan di bidang olahraga.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyambut kedatangan kontingen POMNas XVII dari 34 Provinsi pada acara Welcome Dinner di Auditorium Gubernuran, Kamis (17/11/2022).

Saat kesempatan itu, gubernur melaporkan bahwa Provinsi Sumbar tengah mengadakan program di sekolah-sekolah terkait kegiatan seni budaya dan olahraga yang sesuai minat dan bakat para siswa.

Kegiatan yang diadakan setiap Sabtu dan Minggu itu bertujuan untuk meningkatkan minat para pelajar terhadap kegiatan seni budaya dan olahraga.

“Hal ini dilakukan agar semangat belajar di bidang seni budaya dan olahraga para murid di tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas agar terjaga secara baik hingga ke Perguruan Tinggi,” ujar gubernur.

Buya juga berharap dengan dilaksanakannya event POMNas di Sumbar dapat memberikan kontribusi yang positif untuk Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Karena POMNas merupakan salah satu event olahraga, prestasi nasional setelah PON (Pekan Olahraga Nasional), dengan yang ikut berlaga dalam event ini adalah atlit-atlit PON yang berstatus sebagai mahasiswa,” jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek Prof. Nizam menyatakan, Kemendikbudristek bersama pemerintah daerah dan masyarakat bergotong-royong untuk bersama-sama membangun Nagari melalui program Kampus Merdeka.

“Saya masih ingat di tahun 2020 di awal Program Kampus Merdeka Provinsi pertama yang saya kunjungi adalah Sumbar. Untuk menyaksikan kerja sama penandatanganan Rektor UNP dan UNAND bersama Wali Nagari untuk bergotong royong membangun Nagari dengan semangat Kampus Merdeka,” tuturnya.

Melalui program itu, para mahasiswa bekerja sama dengan masyarakat untuk memajukan pertanian, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama.

Nizam juga berharap program dari pemerintah daerah dapat dikerjasamakan dengan berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Sumbar, sehingga Perguruan Tinggi hadir sebagai mata air bagi pembangunan di berbagai daerah di daerah ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua BAPOMI Pusat Sri Gunani Partiwi, Rektor UNP, Ganefri, Rektor Unand, Yuliandri, Rektor Universitas Gorontalo, Ibrahim Ahmad, Rektor Universitas Mulawarman, Abdunnur, serta Pengurus BAPOMI dari seluruh Provinsi. GM

 

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *