Pemkot Padang Ingatkan Warga Supaya Selalu Waspada Saat Cuaca Ekstrem

Sosial7 Dilihat

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mengingatkan warga untuk selalu waspada karena curah deras di Kota Padang yang mengakibatkan banjir, banyak pohon tumbang, jalan amblas dan longsor.

Menurut Wali Kota (Walkot) Padang Hendri Septa, warga Kota Padang supaya selalu waspada terhadap cuaca buruk, hujan, angin kencang yang menerpa belakangan ini.

“Pada kondisi saat ini supaya warga selalu waspada. Akibat cuaca buruk beberapa wilayah terjadi banjir, longsor dan pohon tumbang. Pohon tumbang juga terjadi di Bungus Teluk Kabung dan longsor di Kecamatan Koto Tangah,” katanya, Kamis (17/11/2022).

Bantuan sembako bagi warga terdampak banjir, angin puting beliung sudah disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Padang.

Selanjutnya, kata Hendri, menurut laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, telah terjadi lagi pohon tumbang di RW 2 Kelurahan Bungus Timur.

“Dengan gerak cepat telah membersihan dahan kayu tumbang tersebut bersama warga setempat,” ujarnya.

Jalan longsor dan perkarangan rumah warga di Komplek Novel Indah 3 RT 002/RW 004, Kelurahan Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah.

Walikot Padang mengerahkan TRC BPBD Kota Padang untuk penanganan warga yang terdampak musibah akibat curah hujan deras serta angin kencang (Rabu 16/11/2022).

Bahkan, Hendri meminta para Camat dan Lurah untuk melaporkan kondisi terkini wilayah mereka, terutama kondisi warga terdampak bencana banjir, longsor, pohon tumbang dan angin puting beliung.

TRC dari BPBD, dibantu personil Satpol PP yang berada di kelurahan dan kecamatan supaya langsung beraksi.

“Kita menerima laporan dari Camat Koto Tangah, ada kerusakan rumah warga akibat angin puting beliung, di Jl. Parak Jambu RT 002/RW 009 Kelurahan Dadok Tunggul Hitam yang dihuni Kepala Keluarga Arsil,” ungkap Hendri.

Laporan dari Camat Padang Selatan, rumah warga ada yang runtuh karena berada di pinggir tebing, milik Zamzami di RT 01/RW 02 Kelurahan Teluk Bayur.

“Untuk dua laporan tersebut sudah diturunkan TRC BPBD, Satpol PP, Dinas Sosial dan KSB untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan,” jelasnya. GM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *