Pekan Kebudayaan Daerah Sumbar Pada 1-5 Oktober 2022

Seni & Budaya23 Dilihat

Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Pekan Kebudayaan Daerah Sumatra Barat pada 1-5 Oktober 2022 dengan dipusatkan di kantor dinas kebudayaan setempat.

Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Sumatra Barat Tahun 2022 ini akan mengusung tema Daya Budaya di ikuti 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumatera Barat Syaifullah menyatakan, kegiatan ini akan diramaikan oleh seluruh seniman yang ada di wilayah Sumatera Barat.

“Pekan kebudayaan daerah ini juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Sumatera Barat ke 77 yang tepat pada 1 Oktober 2022,” katanya, Sabtu (24/09/2022).

Syaifullah menjelaskan, Pekan Kebudayaan Daerah tahun ini akan menampilkan Panggung Budaya 19 kabupaten/kota berupa seni tradisi unggulan setiap daerah.

Selain itu, akan dimeriahkan juga oleh pertunjukan teater, tari, dan musik, pameran seni rupa, festival kuliner, permainan tradisional, olah raga tradisional sipak rago, lomba desain pengembangan motif tradisional, lomba fotografi, lomba tutur bakaba, serta peluncuran buku dan penyerahan Anugerah Kebudayaan.

Bahkan, Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat Tahun 2022 akan dimeriahkan dengan bazar seni dan pameran produk Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM) lokal.

Insya Allah kita sudah siap untuk menggelar Pekan Kebudayaan Daerah ini, seluruh jajaran dan seniman kita libatkan dalam menyukseskan kegiatan ini. Banya perlombaan dan pertunjukan yang ditampilkan dari 19 kabupaten/kota di Sumbar,” tutur Syaifullah.

Dia berharap, Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Barat dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat di Sumatera Barat dan Kota Padang pada khususnya.

“Pembukaan acara tersebut nantinya akan dihadiri dari Dirjen Kementerian Kebudayaan, Gubernur Sumatera Barat, Wali Kota dan Bupati se-Sumatera Barat, instansi vertical, serta para pelajar di Kota Padang,” jelasnya. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *