Mengulangi kesuksesan tahun lalu, International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) kembali hadir untuk kedua kalinya.

Berlangsung selama lima hari IMLF pada 8 -12 Mei 2024, gelaran ini akan hadir Kota Padang, Padang Panjang dan Tanah Datar.

Digagas oleh Satu Pena, Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat dan Yayasan Sumbar Talenta Indonesia, IMLF dimeriahkan oleh 200 seniman, sastrawan dan penyair dari 17 negara, yang akan unjuk karya menampilkan ragam seni puisi, buku, tari, teater, foto hingga lukisan.

Tidak ketinggalan, gelaran IMLF juga menghadirkan seminar yang diisi oleh 42 tokoh penggerak literasi mancanegara.

Perhelatan IMLF yang kedua ini mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Dia menjelaskan, IMLF mendukung pengembangan dan pelestarian seni pertunjukan sastra pendidikan, serta kebudayaan di Sumatra Barat.

“IMLF juga tentunya berkontribusi mengembangkan sektor parekraf karena mendorong kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional,” ungkap Sandiaga dalam video testimoninya.

Mewakili Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, Kepala Dinas Kebudayaan Jefrinal Arifin menyampaikan, IMLF adalah kegiatan yang penuh makna.

Gelaran ini menurutnya bukan hanya perayaan, tapi juga membuka kesempatan berbagi pengalaman dan inspirasi dari penggerak literasi di berbagai belahan dunia.

Dia mengajak masyarakat turut berpartisipasi meramaikan IMLF sebagai salah satu langkah memajukan budaya literasi sebagai pondasi yang kokoh dalam pengembangan sumber daya manusia.

“Bersama kita yakin akan terus mengukir prestasi yang gemilang dalam memperkenalkan budaya Minangkabau ditingkat nasional dan internasional,” ujarnya membuka Welcome Dinner IMLF di Padang.

Sementara itu, Ketua Pelaksana IMLF Sastri Bakry mengatakan, selain bertujuan untuk menaikkan eksistensi literasi di Sumatra Barat, festival ini juga mendorong ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM).

“Dunia sastra bukan hanya milik para sastrawan, tapi juga milik seluruh masyarakat dunia,” tegasnya.

Masyarakat Indonesia maupun luar negeri yang ingin turut berpartisipasi pada kegiatan ini dapat memantau informasi terbaru melalui laman Instagram resmi The 2nd International Minangkabau Literacy Festival @imlfest_.

Mengawali perhelatannya pada Rabu (8/5/2024), IMLF mengundang seluruh masyarakat Sumatra Barat untuk berkunjung Taman Budaya di Padang untuk menikmati pameran seni foto dan lukisan. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: