Kepala Daerah Empat Wilayah Sumbar Akhiri Masa Jabatan

Tokoh13 Dilihat

Sebanyak empat kepala daerah di Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) mengakhiri masa jabatannya pada tahun 2023.

Keempat kepala daerah itu adalah Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otda) Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Sumbar Doni Rahmat Samulo mengatakan, keempat kepala daerah itu sebelumnya terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

MenurutnyA, akhir masa jabatan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta adalah pada September 2023. Kemudian, Gubernur Sumbar Mahyeldi pada 21 September 2023 langsung melantik Zefnihan sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto.

Lalu, akhir masa jabatan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran dan Wali Kota Pariaman tertanggal 9 Oktober 2023.

“Gubernur Mahyeldi juga sudah mengusulkan tiga nama sebagai penjabat wali kota dari kedua daerah tersebut ke Mendagri,” ujar Doni.

Dengan begitu, lanjutnya, Gubernur pada Oktober 2023 akan melantik kedua penjabat kepala daerah tersebut.

Doni menambahkan, akhir masa jabatan Wali Kota Padang Hendri Septa juga akan habis pada tahun ini, tepatnya pada akhir tahun 2023.

Selain itu, lanjutnya, dua daerah lainnya juga sudah dipimpin penjabat kepala daerah sejak tahun lalu.

Kedua daerah itu ialah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Payakumbuh.

Bupati Kepulauan Mentawai dan Wali Kota Payakumbuh sebelumnya terpilih saat Pilkada tahun 2017 dan masa jabatannya habis pada tahun 2022.

Diketahui, Bupati Kepulauan Mentawai terpilih pada 2017, Yudas Sabaggalet meletakkan jabatannya pada tahun 2022.

Penjabat bupati terpilih adalah Sekda Pemkab Kepulauan Mentawai, yakni Martinus Dahlan. Setelah setahun menjabat, kursi penjabat bupati berakhir.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memilih Fernando Jongguran Simanjuntak sebagai Pj Bupati Kepulauan Mentawai. Fernando dilantik Gubernur Sumbar Mahyeldi pada 24 Mei 2023.

Sementara itu, Kota Payakumbuh juga dipimpin penjabat wali kota sejak tahun 2022. Wali Kota Payakumbuh terpilih pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 2017 adalah Riza Falepi.

Tahun lalu, Mendagri menunjuk Rida Ananda sebagai penjabat wali kota. Setahun berlalu, kini kursi penjabat wali kota diserahkan kepada mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar Jasman Rizal.

Doni menegaskan, saat ini Pemprov Sumbar sedang menyusun jadwal pelantikan penjabat Wali Kota Payakumbuh itu, meski sebelumnya sempat dijadwalkan pada Sabtu (23/9/2023). GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *