Kota Pariaman Masuk 13 Kota Terinovatif

Nasional15 Dilihat

Wali Kota (Wako) Pariaman Genius Umar mendapatkan kesempatan memaparkan inovasinya saat penilaian Innovative Goverment Award (IGA) 2023 di Gedung B Kemendagri Jakarta, baru-baru ini.

Kesempatan itu didapatkan berkat Pariaman berhasil tembus sebagai 13 besar Kota Terinovatif Se-Indonesia.

Pemaparan itu dilakukan Genius Umar dalam rangka tindak lanjut penilaian dengan mendaftarkan 108 inovasinya secara online.

Inovasi tersebut  berupa sistem atau aplikasi yg mempermudah aparatur dan pegawai dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik yang diselenggarakan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman.

Dalam pemaparan ini, setiap kabupaten dan kota diberi kesempatan memaparkan dua inovasi unggulan yang telah diterapkan dan berdampak signifikan di kehidupan masyarakat.

Pada paparan tersebut, dihadapan tim penilai Genius menjelaskan Inovasi Kerja, yaitu pembukaan jalan baru 25 ruas dengan pola partisipatif Non-Budgeter dan Bisik Manja, yakni kegiatan podcast sosialisasi kesehatan masyarakat.

Paparan Walikota mendapat apresiasi dari tim penilai IGA Kemendagri, terkhusus inovasi kerja genius tanpa penggunaan anggaran APBD mampu membuka jalan sepanjang 40 km dan ini adalah kerja luar biasa dan pola pembangunan yang partisipatif.

“Akhir-akhir ini Kota Pariaman mampu melahirkan  inovasi-inovasi yang berkelanjutan dan memiliki kebaharuan dan nilai kemanfaatan yang sangat menyentuh kebutuhan publik,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Genius, inovasi ini sangat mungkin untuk di terapkan di daerah lain, sehingga bisa dijadikan role model pembangunan.

Dia berharap inovasi pemerintah kota pariaman bisa terus lahir, seperti inovasi-inovasi genius lainnya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Inovasi diharapkan juga bakal membuka peluang ekonomi yang bisa meningkatkan kepecayaan publik terhadap pemerintah, sekaligus mengangkat kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *