Gubernur Sumbar Lantik Wakil Wali Kota Padang

Tokoh15 Dilihat

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melantik Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar di Auditorium Gubernuran, Selasa (9/5/2023).

Ekos Albar dilantik untuk sisa masa jabatan tahun 2019-2024. Meskipun cukup singkat, gubernur berharap wakil wali kota bisa langsung menyatu dengan wali kota.

“Wali kota dan wakil walikota adalah satu. Tidak boleh dibeda-bedakan, tugas dan fungsinya akan saling mengisi dan mendukung,” kata Buya Mahyeldi dalam situs sumbarprov.go.id.

Orang nomor satu di Sumbar itu berharap dengan dilantiknya Ekos Albar sebagai wawako, akan terjadi percepatan-percepatan, sehingga Kota Padang akan bertambah maju, sukses dan masyarakatnya sejahtera.

“Kita harus berkoordinasi dengan semua pihak, saya mengimbau kiranya kolaborasi antara Kota Padang dengan berbagai pihak perlu dikembangkan dan dikonkretkan, sehingga betul-betul berdampak terhadap percepatan pembangunan kota,” ungkapnya.

Selain itu, Kota Padang juga dituntut untuk menghadirkan wajah yang mencerminkan suasana kota yang maju, ramah lingkungan, dan humanis, mengingat Kota Padang menyandang status sebagai Ibu Kota Provinsi Sumbar.

Selanjutnya, gubernur juga berharap agar Pemerintah Kota (Pemko) Padang bisa menangani permasalahan stunting yang sebesar 19,5%, sedikit diatas target prevalensi nasional yang 14%.

“Namun jika dihitung secara jumlah penduduk, maka angka ini menjadi besar dan mengkhawatirkan. Kita tidak mau cita-cita bersama untuk membentuk generasi emas Kota Padang menjadi pudar dan tidak tercapai,” paparnya.

Sementara itu, Ekos Albar yang baru dilantik, menyampaikan akan menjalankan amanah yang diberikan masyarakat Kota Padang kepadanya.

“Saya berterima kasih kepada masyarakat Kota Padang yang memberikan amanah kepada kami sebagai pelayan masyarakat, dan kami akan bekerja keras untuk mewujudkan Kota Padang yang maju, ramah lingkungan dan harmonis,” kata Ekos.

Pelantikan ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua MPR Yandri Susanto dan sejumlah anggota DPR, Wakil Ketua DPRD Sumbar, Indra Dt. Rajo Lelo, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, serta beberapa kepala daerah di Sumbar. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *