Wako Padang Panjang Imbau Selalu Siap Siaga Antisipasi Bencana

Sosial10 Dilihat

Dengan kondisi geografis, topografi dan klimatologinya, Kota Padang Panjang termasuk memiliki potensi kejadian bencana yang cukup tinggi.

Oleh karena itu seluruh komponen yang ada di kota ini perlu senantiasa siap siaga mengantisipasi terjadinya bencana.

Hal itu disampaikan Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran Datuak Paduko Malano saat membuka Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana bagi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan se-Kota Padang Panjang yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol di Mifan Waterpark, Rabu (9/8/2023).

“Ada beberapa prinsip penting dalam menghadapi bencana, di antaranya pencegahan dan mitigasi, perencanaan darurat yang mencakup prosedur evakuasi, alokasi sumber daya,” ujarnya dalam situs padangpanjang.go.id.

Kemudian, Fadly menambahkan, ada pelatihan dan edukasi kebencanaan bagi masyarakat, juga sistem peringatan dini dan pengiriman informasi yang cepat kepada masyarakat.

Wako mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan potensi kejadian bencana dapat dipetakan.

“Dapat disiapkan langkah-langkah pencegahan dan mitigasi, serta kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana dapat lebih baik lagi,” jelasnya.

Pelatihan untuk membangun daya tanggap, daya tahan dan kewaspadaan terhadap bencana serta memberikan pedoman arahan dan petunjuk teknis operasional ini turut dihadiri Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatra Barat Fajar Sukma dan Kepala Badan BPBD Kesbangpol Padang Panjang I Putu Venda.

Fajar Sukma mengapresiasi Wako Fadly yang telah memberi support besar sebagai kepala daerah dalam penanggulangan bencana.

Sementara itu, I Putu Venda menjelaskan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, hingga Kamis (10/8/2023).

Selain itu, kegiatan ini diikuti sebanyak 160 KSB Kelurahan se-Kota Padang Panjang yang terdiri dari 10 KSB per kelurahan. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *