Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi menjadi inspektur sekaligus membuka secara resmi program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun 2023 di Lapangan Bola Kaki Bramban Sati, Padang Cubodak, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Rabu (10/5/2023).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang disaksikan oleh Gubernur Sumbar, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan Dandrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl.

Dalam amanatnya gubernur menyambut baik sinergitas yang terbangun antara pemerintah daerah bersama TNI, POLRI, Forkopimda, BUMN, BUMD, dan seluruh stakeholder, hingga terlaksananya TMMD ke-116.

“Tujuan dilaksanakannya TMMD ke-116 untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan tarif hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri,” ujar gubernur dalam situs sumbarprov.go.id.

Mahyeldi menjelaskan, kriteria dan prioritas sasaran kegiatan TMMD adalah daerah perdesaan yang tergolong sebagai daerah miskin atau tertinggal, daerah terisolir atau terpencil, daerah perbatasan atau pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana.

Menjadi tuan rumah, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, mengatakan dalam rangkaian kegiatan TMMD ke-116 kali ini dilakukan pembukaan jalan dari Nagari Sitanang menuju Nagari Ampalu yang merupakan keinginan dan cita-cita masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota sejak dahulu.

Alhamdulillah pada saat ini, mimpi itu menjadi nyata dengan dilaksanakannya kegiatan TMMD ke-116 pada tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Dandim 0306 Kabupaten Limapuluh Kota Letkol Inf Denny Nurcahyo, sebagai Dansatgas TMMD ke-116 menyatakan, ruas jalan yang menghubungkan Nagari Sitanang dan Nagari Ampalu akan akan dibangun sepanjang 8.200 meter, dengan membuka jalan baru sepanjang 4.500 meter, dan pelebaran jalan di Ampalu 1.200 meter dan di Sitanang sepanjang 2.500 meter.

“Berbagai persiapan telah dilakukan,  dimulai pada awal Februari 2023, kita telah melalui proses perencanaan, di akhir Februari memasuki fase persiapan dan pada bulan Maret-April telah dilaksanakan pra TMMD,” papar Letkol Deny.

Setelah prosesi upacara berlangsung, diserahkan bantuan dari Kapolda Sumbar berupa 50 sak semen, lima buah cangkul, dan dari OPD di Lingkup Pemprov Sumbar telah terkumpul kurang lebih 68 sak semen.

Selain itu, terdapat bantuan untuk lima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk Nagari Sitanang dan Ampalu dari Baznas Sumbar.

Adapun penyerahan paket Al-Qur’an dari Kemenag Limapuluh Kota untuk Masjid Nagari Sitanang dan Ampalu. GBM

 

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: