Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi didampingi Kaban Kesbangpol Jefrinal Arifin dan Kadispora Maifrizon, menyambut kedatangan Danjen Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief I, beserta rombongan di Lapangan Udara Sutan Sjahrir, Padang, Minggu (14/5/2023).

Kehadiran Letjen Teguh dalam rangka persiapan jelang pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-XLIII di Sumbar pada 19 Mei 2023, terutama melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana dalam rangka kesiapan Pembukaan Latnus sesuai dengan bidang masing-masing.

“Sekaligus juga pihak panitia Akademi TNI melaksanakan koordinasi dengan pihak atau instansi terkait untuk mendukung kesiapan Pembukaan Latsitardanus XLIII/2023 Provinsi Sumbar,” ujar Danjen.

Menurutnya, tujuan utama dari Latsitarda ini, di antaranya mengajak muda dan mudi di Sumbar untuk lebih mencintai NKRI, dan syukur-syukur bisa bergabung dengan Polri maupun TNI.

“Harapan saya kehadiran mereka punya pengaruh positif terhadap pemuda dan pemudi, khususnya masyarakat umum di Sumbar,” kata Letjen Teguh Arief.

Gubernur Mahyeldi mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Latsitarda Nusantara ke-43 di lima kabupaten dan kota di Sumbar.

Kehadiran para taruna ini memurut gubernur akan membawa dampak positif bagi masyarakat setempat, karena para calon pemimpin bangsa ini akan membantu pembangunan, baik fisik maupun non fisik di wilayah yang menjadi sasaran latihan.

“Para taruna peserta Lataitarda akan membantu pembangunan masjid, tempat ibadah, sarana dan prasaran dan juga memberi wawasan kebangsaan serta penyuluhan lainnya,” tutur gubernur.

Danjen berterima kasih atas dukungan gubernur. Menurutnya, respon dari gubernur beserta para bupati dan walikota yang menjadi tempat sasaran latihan sangat positif.

Dukungan tersebut membuat dirinya optimis bahwa Latsitarda di Sumbar akan berjalan sukses.

Sebanyak 1300 Taruna dari Akademi Militer, AAU, AAL, Akademi Kepolisian, Praja IPDN dan mahasiswa melaksanakan karya bakti di lima kabupaten dan kota di Sumbar.

Sebagai informasi, pada saat pembukaan Latsitarda Nusantara 19 Mei nanti, masyarakat Sumbar dan Kota Padang khususnya juga berkesempatan menyaksikan kirab drumband di sepanjang Jalan Sudirman, Jalan Rasuna Said dan Jalan Raden Saleh.

Selain itu, juga ada kegiatan open ship atau kesempatan bagi masyarakat untuk menyaksikan dan merasakan naik kapal perang di Pelabuhan Teluk Bayur. GBM

 

 

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: