Tiga Desa Wisata Sumbar Jadi Pemuncak ADWI 2023

Seni & Budaya24 Dilihat

Sebanyak lima desa wisata di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang menjadi nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Selain itu, berhasil meraih prestasi pada sejumlah kategori yang dimumkan pada malam anugerah ADWI 2023 di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (27/8/2023).

Ketiga desa wisata itu di antaranya bahkan menjadi pemuncak pada tiga kategori, yaitu Juara 1 kategori Home Stay dan Toilet Umum yang diraih Desa Wisata Lawang, Kabupaten Agam.

Ada Juara 1 kategori Daya Tarik Pengunjung diraih Desa Wisata Muntei, Kabupaten Kepulauan Mentawai, lalu Juara 1 kategori Desa Wisata Berkembang diraih Desa wisata Kampung Adat Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, Desa Wisata Nyarai Kabupaten Padang Pariaman meraih juara harapan kategori Daya Tarik Pengunjung dan Desa Wisata Kubu Gadang Kota Padang Panjang, meraih Juara Harapan kategori Desa Wisata Maju.

Selain meraih sejumlah kategori penghargaan ADWI tahun 2023, juga terdapat dua desa wisata di Provinsi Sumbar berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kedua desa wisata yang memecahkan rekor MURI tersebut adalah Perkampungan Adat Sijunjung di Kabupaten Sijunjung dengan kategori Rumah Gadang Berjejer Perpanjang dan Desa Wisata Muntei Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan kategori Tato Tertua.

Penyerahaan penghargaan Rekor MURI tersebut langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda.

Gubernur Sumbar mengapresiasi pencapaian prestasi desa wisata di Sumbar, karena tiga desa wisata berhasil meraih Juara 1 beberapa kategori.

Selain itu, dari 14 nominasi desa wisata dari beberapa daerah, Sumbar merupakan daerah terbanyak yang memecahkan rekor MURI malam itu.

Alhamdulillah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Semakin banyak desa wisata kita yang mendapat penghargaan, artinya semakin meningkat juga semangat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam membangun dan mengembangkan pariwisata di desanya masing-masing,” ungkapnya.

Gubernur Mahyeldi memberikan apresiasi yang tinggi untuk yang juara, semoga semakin maju dan bermanfaat bagi masyarakat Sumbar.

“Terimakasih atas semua pihak yang sudah membantu dan selalu mendorong desa wisata di Sumatra Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda berharap, dengan keberhasilan desa wisata meraih prestasi ADWI tahun 2023 ini, dapat meningkatkan kunjungan pariwisata di Sumbar.

“Oleh karena itu, sosialisasi dan promosi perlu digencarkan dengan melibatkan pemeritah kabupaten/kota dan stakeholders lainnya.

“Kita berharap prestasi ini dapat berefek terhadap kunjungan pariwisata di Sumbar, karena akan berdampak pertumbuhan ekonomi daerah setempat,” jelasnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *