Kegiatan P2K2 KPM-PKH Jadi Upaya Cegah Stunting di Lubuk Kilangan

Kesehatan37 Dilihat

Upaya penurunan angka stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak di Kota Padang terus digencarkan Pemerintah Kota Padang, khususnya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait hingga di 11 kecamatan dan 104 kelurahan.

Seperti terlihat pada kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) se-Kecamatan Lubuk Kilangan di Gedung Serba Guna (GSG) PT Semen Padang, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Lubuk Kilangan itu adalah dalam rangka edukasi pencegahan dan penanganan stunting, sekaligus pemeriksaan tumbuh kembang anak balita dan ibu hamil.

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya acara tersebut.

“Kita berharap dukungan semua pihak dalam pengendalian stunting ini. Tidak saja dari kalangan pemerintah namun juga dari swasta, dunia usaha, perguruan tinggi, kelompok masyarakat dan unsur terkait lainnya,” ujarnya.

Wawako Ekos juga menekankan agar pihak terkai,t seperti Puskesmas untuk dapat mendata balita yang terindikasi stunting di setiap kelurahan dan kecamatan.

Begitu pula dalam upaya pemberian bantuan makanan tambahan untuk perbaikan asupan gizi bagi para bayi di bawah dua tahun (baduta).

“Maka dari itu kepada para Camat beserta Lurah dan jajaran Puskemas, saya minta agar lebih proaktif menyikapi persoalan stunting di wilayah kerjanya,” katanya.

Pemerintah Kota (Pemko) Padang berterima kasih kepada PT Semen Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan pihak lainnya yang telah memberi support untuk pencegahan stunting di Kota Padang melalui program Bapak Asuh Anak Stunting (BASS).

“Ini semua adalah demi menciptakan Padang bebas stunting. Sehingga terciptanya para generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas,” ungkap Wawako Ekos yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Padang.

Senada dengan itu, Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra Ifadi menyatakan, hingga saat ini terdapat 79 anak yang terindikasi stunting di kecamatan yang ia pimpin.

“Sebanyak 120 KPM PKH yang diundang mengikuti kegiatan P2K2 ini kita minta memeriksakan kesehatan anak-anaknya yang masih berusia balita,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga hadir unsur Forkopimca Lubuk Kilangan, Kepala Puskesmas Lubuk Kilangan Afrida Wati, Kepala KUA Lubuk Kilangan Syafrijal dan perwakilan Unit CSR PT Semen Padang, para Lurah se-Kecamatan Lubuk Kilangan dan sejumlah Koordinator PKH Wilayah Sumbar I.  GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *