Dinas Pangan Sumbar Gencarkan B2SA Goes to School

Kesehatan26 Dilihat

Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) terus gencar mengenalkan pangan sehat sejak dini melalui program Gerakan Sadar Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Goes to School.

Setelah sebelumnya mengunjungi langsung beberapa sekolah dasar dan edukasi kepada kelompok dasa wisma, Dinas Pangan Sumbar juga menggelar program B2SA dengan mengundang beberapa sekolah dasar, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (27/8/2023).

Sosialisasi dan edukasi makanan B2SA dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumbar Harneli Mahyeldi.

Dia mengapresiasi sosialisasi dan edukasi B2SA, mengingat pentingnya makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi generasi selanjutnya sejak dini.

Menurut Ummi Harneli, makanan itu tidak hanya soal cita rasa yang enak, tapi juga harus sehat, beragam, bergizi, seimbang dan aman untuk anak-anak.

“Banyak saat ini, orangtua yang hanya pedulikan makanan enak saja untuk anak-anak mereka, tanpa memperhatikan kesehatannya. Berikanlah makanan yang bergizi seimbang pada anak. Jangan sampai makanan sudah tidak bergizi, malah menjadi penyakit pula,” jelasnya dalam situs sumbarprov.go.id.

Masa depan generasi muda tergantung cara perhatian saat ini, karena kalau orang tua dan guru berhasil memberikan kasih sayang dan perhatian, serta gizi terbaik sejak usia dini, maka mereka akan menjadi pemimpin yang hebat di masa mendatang.

Kegiatan edukasi dan sosialisasi, kata Kepala Dinas Pangan Sumbar Syaiful Bahri merupakan, program nasional untuk generasi emas bangsa.

Kegiatan yang hanya ada di 10 provinsi ini bertujuan agar generasi emas siap untuk menyongsong tahun 2045.

“Kami mengambil fokus pada tingkat SD, karena masa ini adalah masa penting pertumbuhan anak dan diharapkan melalui edukasi ini. Kedepan anak-anak kita terlatih untuk makan makanan yang B2SA, terutama edukasi pada wali murid dan guru. Kedepan kita akan turun ke kantin-kantin sekolah agar terstandarisasi B2SA,” tutur Syaiful.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Pertiwi Nengsih Puspita mengapresiasi kegiatan edukasi tersebut, karena sangat bermanfaat untuk memotivasi anak dan menambah pengetahuan guru, serta orangtua siswa tentang makanan bergizi bergaram seimbang dan aman.

Kegiatan B2SA Goes To School ini dimeriahkan dengan senam massal, menampilkan tari-tarian oleh siswi SD Pertiwi II dan III, serta penampilan drama tentang pentingnya makanan yang sehat kepada anak-anak oleh Teater Ombak.

Selain itu, juga ada permainan edukatif seputar makanan B2SA, interaktif B2SA dan membagikan tempat makan yang berisikan makanan B2SA kepada anak-anak SD.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan ada perubahan pola perilaku konsumsi makanan B2SA sejak dini, sehingga dapat membentuk karakter anak di kemudian hari untuk membiasakan makan makanan yang B2SA, serta membentuk generasi yang Sehat, Aktif dan Produktif. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *