Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi bicara soal penunjukkan Sumbar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai tuan rumah peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2024.

Dia mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri terkait persetujuan Sumbar sebagai tuan rumah Peringatan HUT Satpol dan Satlinmas Nasional tahun 2024.

“Ini pertama kalinya Sumbar menjadi tuan rumah, karena itu kita akan persiapkan secara matang agar terlaksana semaksimal mungkin,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang.

Pengalaman dalam menyukseskan acara nasional itu menjadi modal untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik pada kegiatan nasional lain termasuk HUT ke-74 Satpol PP.

Seperti diketahui, sebelumnya Sumbar sukses menggelar Penas Tani KTNA XVI dan Latsitardanus XLIII.

“Seluruh dinas terkait dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumbar akan mempersiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin, sehingga pagelaran besar nasional di Sumbar itu dapat terlaksana dengan baik, sehingga menimbulkan kesan yang baik pula bagi para tamu yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia,” jelas Mahyeldi.

Pengalaman dalam menyukseskan acara nasional itu menjadi modal untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik pada kegiatan nasional lain termasuk HUT ke-74 Satpol PP.

Dia menjelaskan, menjadi tuan rumah kegiatan skala nasional itu juga memberikan keuntungan besar bagi Sumbar, terutama dalam memperkenalkan pariwisata yang ada di Ranah Minang.

“Ini sekaligus akan mempromosikan potensi pariwisata daerah dan meningkatkan kunjungan pariwisata ke Sumbar,” tuturnya.

Kepala Satpol PP Sumbar Irwan menambahkan, persetujuan Sumbar sebagai tuan rumah dari Kemendagri telah dipastikan melalui surat penunjukan tertanggal 15 November 2023 dengan penekanan tegas.

“Ada beberapa penekanan Kemendagri agar kegiatan ini bisa berjalan sukses. Kita siapkan semua,” tegasnya.

Irwan mengakui kegiatan nasional itu memberikan dampak positif bagi daerah, tidak hanya pada sektor pariwisata tetapi juga bagi pelaku UMKM.

Oleh karenanya, kata dia, perlu perencanaan yang matang untuk mensukseskan gelaran tersebut. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: