Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok, Sumatra Barat (Sumbar) mendirikan pos keamanan di halaman kantor Balai Kota Solok dengan menyediakan alat terbaik dalam rangka mengantisipasi bencana selama libur Lebaran.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar mengatakan, BPBD Kota Solok mendirikan pos keamanan di halaman Balai Kota Solok dengan menyediakan alat terbaik jika ada terjadi bencana saat Lebaran, mengingat kondisi cuaca yang kurang baik belakangan ini.

Bahkan, karena cuaca kurang mendukung pelaksanaan shalat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah yang direncanakan akan digelar di lapangan merdeka, dipindahkan ke Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

Selain itu, mengenai Pos Komando Teknis (Poskotis) Lebaran berupa TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Damkar dan pihak terkait akan tetap berjaga demi keamanan saat lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Namun demikian, dia tetap meminta untuk pengamanan daerah itu selama cuti lebaran agar tetap diwaspadai, cuti bersama telah dimulai sejak 8 – 15 April 2024.

“Selanjutnya, jika ada permasalahan di masyarakat, OPD harus responsif dan bergerak cepat mengatasinya,” ujarnya.

Zul Elfian menjelaskan, terkait dengan lokasi parkir di Kota Solok, Dishub akan membuat piket selama Lebaran guna mengantisipasi lokasi parkir liar dan juru parkir liar.

Dia meminta jangan sampai terjadi pemalakan dan penaikan tarif. Lokasi parkir harus untuk parkir, jangan fungsikan untuk yang lain. Tarif parkir motor Rp2.000 dan tarif parkir mobil Rp3.000.

Mengenai harga pasar, ketersediaan barang pokok. Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok telah menggelar operasi pasar selama dua hari, juga bekerja sama dengan instansi terkait untuk menstabilkan harga pasar.

“Kebersihan, kerapian, keramahan Kota Solok harus kita jaga. Kota Solok Serambi Madinah Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara) harus bersama kita wujudkan,” jelasnya.

Selain itu, Wali Kota Solok menambahkan  bahwa kinerja di Pemkot Solok tetap baik saat Ramadhan. Saat cuti Lebaran jangan sampai pekerjaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tertinggal, tetapi terus dipantau.

“Syukur Alhamdulillah program one day one juz (satu hari satu juz) selama Ramadan sejauh ini berjalan baik dan kita telah memasuki hari-hari akhir Ramadan,” katanya.

Kemudian, hari pertama masuk kerja akan digelar apel gabungan pada 16 April 2024 yang dilanjutkan dengan halal bihalal.

”Persiapan halal bihalal kita pusatkan di lapangan Merdeka Kota Solok. OPD terkait agar menyiapkan kegiatan ini sebaik mungkin,” tegasnya. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: