Pemprov Sumbar Jalin Sister Province Pertama

Internasional14 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) bersama dengan Jeollabuk-Do (Provinsi Jeollabuk) Korea Selatan menjalin kerja sama Sister Province.

Kerja sama tersebut merupakan kemitraan pertama bagi Pemrov Sumbar dalam hal Sister Province.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyambut langsung kedatangan kolega gubernurnya dari timur jauh, Kim Kwan-young yang merupakan Gubernur Jeollabuk-Do (Provinsi Jeollabuk) Korea Selatan pada Kamis (16/2/2023).

Mendarat di Bandara Internasional Minangkabau pukul 18.00 WIB, kedatangan Kim Kwan-young ini merupakan kunjungan pertama gubernur negeri ginseng Korea Selatan ke Sumbar setelah beberapa dekade.

Menurut informasi situs sumbarprov.go.id, kedatangan gubernur provinsi yang berpenduduk hampir 1,8 juta jiwa ini, dalam rangka penandatanganan Letter of Intent (LoI) Sister Province Jeollabuk-Do dengan Sumatra Barat.

Kepala Bagian Kerja Sama Pemprov Sumbar Zaki Fahminanda menjelaskan bahwa item kerja sama Sister Province antara Provinsi Sumbar dan Provinsi Jeollabuk antara lain pada sektor pariwisata, pertanian dan perikanan, industri dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Program Sister Province ini sudah digagas sejak tahun 2017. Alhamdulillah berhasil dilakukan penandatanganan LoI pada tahun ini, sekaligus menjadi Sister Province pertama bagi Provinsi Sumbar.

“Ke depannya, dengan terjalinnya Sister Province dengan Jeollabuk-Do ini diharapkan akan bisa mendatangkan banyak manfaat dan peluang bagi Sumatra Barat ke depan,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda yang turut mendampingi Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menuturkan, Dinas Pariwisata Sumbar juga akan langsung menindaklanjuti program Sister Province antara Jeollabuk-Do dengan Sumbar terkait dengan kepariwisataan.

“Provinsi Jeollabuk ini kita anggap memiliki potensi yang mirip dengan yang kita miliki di Sumatra Barat, terutama pada sektor pariwisatanya. Dengan potensi keindahan alam, situs wisata warisan dunia, Provinsi Jeollabuk juga memiliki beragam event tahunan internasional. Ini yang akan coba kita adopsi dan kerjasamakan dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatra 2023,” tuturnya.

Usai melakukan pertemuan dan penandatanganan LoI dengan Gubernur Mahyeldi, Kim Kwan-young Gubernur Jeollabuk-Do mengunjungi beberapa objek wisata yang terdapat di Sumbar. GBM

 

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *