Kota Padang menjadi tuan rumah dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI), sehingga menjadi motivasi untuk lebih memperhatikan dan memperdayakan para disabilitas.

Wali Kota (Wako) Padang Hendri Septa berharap kegiatan ini menjadi sebuah motivasi kepada semua pihak untuk lebih memperhatikan dan memperdayakan saudara-saudara yang disabel.

“Pemerintah Kota Padang telah banyak memperdayakan kamunitas disabilitas di Kota Padang,” katanya saat sambutan kegiatan HDI yang diselenggarakan di Gedung Bagindo Azis Chan, Senin (5/12/2022).

Wako Hendri mengatakan semoga kegiatan ini merupakan sebuah motivasi kepada semua pihak untuk lebih memperhatikan dan memperdayakan para disabilitas.

“Pemerintah Kota Padang juga sudah membuat beberapa fasilitas maupun infrastruktur, seperti jalur pedestrian, rumah dinas walikota dan sebagainya untuk memudahkan akses penyandang disabilitas,” jelasnya.

Menurut Wako, di kota kini telah banyak fasilitas kepada saudara yang menyandang disabilitas untuk menikmati kawasan serta wisata yang ada di Kota Padang.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinsos Provinsi Sumbar serta jajarannya, Kepala Kantor Komnas Sumbar, Asisten l Pemko Padang, AdminKes Sumbar, Ketua TP-PKK Kota Padang, Kadis Sosial Pesel, Wakil Ketua Basnas, Polres Kota Padang, dan lainnya.

Pemerintah Kota Padang juga merencanakan pada tahun depan akan mengadakan event atau kegiatan, seperti perlombaan untuk mengasah semangat keluarga penyandang disabilitas, sehingga mereka merasa sebagai bagian dari semua pihak.

Alhamdulillah kita setiap tahun terus memperingati Hari Disabilitas Internasional dan pemerintah kota membuang pemikiran negatif kepada penyandang disabilitas, jadikan dia itu subjek sebagai pembangunan daerah, kalau bisa mampu mengukir sejarah pada daerahnya masing-masing,” jelasnya.

Hendri menambahkan, banyak anak-anak disabel yang memiliki kemampuan, bahkan ada yang bisa main musik, menari, berpuisi dan pendidikan,” ungkapnya.

Dia menyatakan, semua pihak harus memenuhi kebutuhan seperti aspek politik, kebudayaan, ekonomi, dan aspek ketenagakerjaan kepada komunitas disabilitas.

“Kita harus memperhatikan saudara kita ini seperti memberikan hak kepada keluarga penyandang disabilitas ini, di Kota Padang telah banyak memperdayakan saudara kita yang menyandang disabilitas,” katanya.

Wako Hendri menuturkan, tahun depan pemerintah akan memberikan wadah kepada komunitas tersebut, semoga terus memperhatikan komunitas disabilitas itu untuk selalu menampilkan dan terekspos apa yang dikerjakannya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Padang Ances Kurniawan juga menjelaskan Peraturan Daerah (Perda), Kota Padang Nomor 5 tahun 2013 tentang Pemenuhan dan Perlindungan Hak Disabilitas.

“Bentuk kepedulian Pemerintah Kota Padang terhadap keluarga penyandang disabilitas untuk terus mengambangkan potensi yang ada dalam dirinya dan untuk meningkatkan kesetaraan dan partisipasi dalam memandirikannya, mengembangkan pola asuh penyandang disabilitas,” tuturnya. GM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: