Kota Pariaman, Sumatra Barat kembali melaksanakan pemilihan duta wisata guna menggali potensi dan mengembangkan pengeta huan pemuda setempat terkait budaya di daerah itu melalui Pemilihan Cik Uniang Cik Ajo (CUCA).

“Para Cik Uniang dan Cik Ajo terpilih nantinya dapat berperan untuk mempromosikan pariwisata dan budaya yang ada di Pariaman, sehingga dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung,” kata Panitia CUCA 2023 Almar Bariq Pintoni di Pariaman, Sabtu (29/4/2023).

Dia mengatakan, CUCA merupakan upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman mengembangkan bakat, menambah wawasan dan pengetahuan pemuda terhadap budaya, serta pariwisata daerah daerahnya.

Menurut Almar, hal tersebut diperlukan karena selain mempertahankan budaya daerah, duta wisata juga menjadi garda terdepan mempromosikan Kota Pariaman.

Pemilihan Cik Ajo Kota Pariaman 2021 menyebutkan pendaftaran CUCA 2023 dimulai 13 Maret sampai 28 April, tapi diperpanjang hingga 6 Mei pukul 11.00 WIB, karena melihat tingginya antusias pemuda mendaftar.

Setelah proses pendaftaran ditutup, lanjutnya, maka selesai melaksanakan Shalat Zuhur kegiatan dilanjutkan dengan Tekhnical Meeting.

Kemudian pada 7 Mei dilanjutkan tes wawancara untuk memilih 10 pasang Finalis Cik Uniang dan Cik Ajo Kota Pariaman untuk ke babak grand final yang akan dilaksanakan pada 13 Mei 2023.

Namun, Almar sebelum pelaksanaan grand final akan 10 CUCA dengan mengikuti berbagai kegiatan untuk menambah pengetahuan dan melatih mereka. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: