Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audi Djoinaldy meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mempersiapkan diri, karena ada sejumlah kegiatan tingkat nasional dan internasional akan digelar di daerah setempat pada 2023.

“Setelah sukses Festival Muaro ini ada beberapa kegiatan yang digelar di Kota Padang di tahun ini,” katanya saat menutup Festival Muaro Padang di Padang, Kamis (27/8/2023).

Wagub Audi mengatakan, dalam waktu dekat ada Festival Adat Budaya Nusantara yang akan digelar pada 26-30 Mei 2023.

Dalam kegiatan ini, Kota Padang akan dihadiri raja-raja nusantara yang akan dipusatkan di Kota Padang.

Selain itu, ada Pekan Nasional (Penas) Tani dan Nelayan yang juga dipusatkan di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang pada 10-15 Juni 2023.

“Kegiatan ini hotel yang ada tak dapat menampung pengunjung, sehingga kita melibatkan rumah penduduk sekitar sebagai tempat tinggal pengunjung,” jelasnya.

Kemudian ada kegiatan internasional World Islamic Trade Forum yang direncanakan digelar pada September 2023, sehingga persiapan yang dilakukan harus lebih baik dan matang.

Penas Tani 2023, Festival Adat Budaya Nusantara 2023, World Islamic Trade Forum 2023, tentu saja agenda acara tersebut mampu menggerakkan ekonomi di Kota Padang,” ungkapnya.

Menurut Wagub Audy, Kota Padang mendapatkan kesempatan menjadi tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan tersebut yang dapat berdampak ekonomi bagi masyarakat.

“Ini tentu kesempatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19 berakhir, dan kita berharap Pemkot Padang melibatkan pelaku usaha lokal sehingga dapat maju dan berkembang,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengajak seluruh masyarakat kota setempat untuk ikut menjaga keamanan, ketertiban, keramahtamahan kepada pengunjung yang datang ke kota ini.

“Kami meminta seluruh warga Kota Padang dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh kegiatan yang digelar di kota ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kota Padang menyiapkan 3.000 rumah untuk peserta Pekan Nasional Tani dan Nelayan XVI pada 10-15 Juni 2023 yang dipusatkan di Lanud Sutan Sjahrir.

“Rumah tersebut tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Koto Tangah, Padang Barat, Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syahrial Kamat.

Pemkot Padang mengalokasikan anggaran sebesar Rp6 miliar untuk pelaksanaan Penas Tani Nelayan 2023 untuk persiapan lokasi, keamanan, acara kesenian, pameran, pelayanan tamu, hingga pelayanan kesehatan.

Dia menyatakan, rumah tersebut akan ditempati 35.459 peserta Penas Tani dan Nelayan XVI yang terdiri dari peserta utama, peserta pendamping dan peserta peninjau. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: