Optimalkan Startup Digital Sumbar

Ekonomi12 Dilihat

Kemajuan teknologi digital yang begitu cepat, sulit untuk diimbangi dan diikuti oleh regulasi pemerintah, karena regulasi yang dibentuk nantinya juga digantikan oleh pembaharuan teknologi itu sendiri.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy, dalam sambutannya pada #Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang digelar di Aula Bappeda Sumbar di Padang.

Wagub Audy mencontohkan fenomena TikTok Shop yang belakangan menuai pro dan kontra. Meskipun akhirnya dilarang,

Dia meyakini online shop serupa akan kembali bermunculan dengan paltform yang berbeda.

“Artinya jika kita tidak mempersiapkan diri dengan baik, siap-siap tergerus oleh kemajuan teknologi digital,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa era digitalisasi saat ini mesti dimanfaatkan secara maksimal, khususnya dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM lokal, sehingga dapat berkiprah secara nasional hingga internasional.

Menurut Audy, masyarakat Sumbar memiliki peluang yang besar untuk dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya.

#Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, merupakan salah satu wadah bagi Startup Sumbar agar mampu bersaing pada era digital saat ini.

“Apalagi Sumbar mendapatkan penghargaan provinsi paling ter-digital tahun 2022 di Pulau Sumatra,” ungkapnya.

Terakhir Audy mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah memilih Sumbar sebagai lokasi penyelenggaraan #Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Sementara itu, Koordinator Tim Startup Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Sonny Hendra Sudaryana memaparkan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai hak yang sama terhadap akses intenet.

“Banyak generasi muda yang bingung untuk memulai usaha, dari sinilah Kemenkominfo menjembatani generasi muda untuk mendapatkan pengetahuan yang sama,” katanya.

Sonny berharap, peserta dapat belajar melihat persoalan dan mampu membuat solusi dari masalah yang ada.

“Manfaatkan akses teknologi yang ada, agar mampu mendatangkan manfaat dan dampak positif bagi kita pelaku usaha,” tuturnya.

#Hack4ID Gerakan Nasional 1000 Startup Digital kali ini diselenggarakan oleh Kemkominfo bersama dengan 1000 Startup Nasional, Minangkabau Enterpreneur Connect (MEC) dan didukung oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Sumbar, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari mendatang. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *