Launching dan Sosialisasi Gerakan Wisata Bersih Kepulauan Mentawai

Sosial26 Dilihat

Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kepulauan Mentawai ke-24, Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mentawai mengadakan Launching dan Gerakan Bersih Pantai, yang berlokasi di Pantai Jati Tua Pejat Kabupaten Mentawai sebagai upaya meningkatkan pembangunan wisata, baru-baru ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan Sumber Daya Provinsi Sumbar Erinaldi Dewi (Bank Sampah Padang), Ketua Perhimpunan dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumbar Rina Pangeran dan sejumlah Penggerak Wisata se Sumatera Barat dan OPD Kabupaten Mentawai.

Diketahui bahwa Pantai Jati merupakan salah satu lokasi di Kepulauan Mentawai dengan alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi, tapi, pantai ini masih belum dikelola dengan maksimal, sehingga perlu dikembangkan lagi baik sektor perekonomian dan sumber daya masyarakat.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, Audy Joinaldy turut menyampaikan pandangannya akan pentingnya menjaga kelestarian pantai.

“Pantai Jati ini indah dan bagus, tapi bagaimana supaya keindahannya ini dapat menggerakkan ekonomi masyarakat? Dimulai dari membersihkan pantai ini dari sampah,” ujarnya.

Audy juga berpandangan bahwa banyak turis yang berkunjung ke Mentawai, tapi 95% di antaranya adalah turis asing. Untuk itu, Pantai Jati ini diharapkan mampu dikelola dengan maksimal untuk dapat menarik turis lokal.

“Berbeda dengan resort-resort di sana yang cenderung menarik minat turis asing. Pantai Jati ini justru cocok untuk turis lokal, sehingga destinasi wisatanya tidak hanya terkenal di luar tapi juga di kawasan Indonesia,” jelasnya.

Luhur Budianda, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat menjelaskan, kegiatan Launching Pantai Jati ini telah dilaksanakan melalui beberapa agenda, seperti workshop dan sosialisasi wisata bersih, yang diharapkan mampu menyamakan visi dan misi pembangunan wisata Kabupaten Mentawai.

“Kegiatan ini semoga menjadi trigger dalam percepatan pembangunan wisata di kabupaten mentawai,” ungkap Budi.

Selepas penyampaian kata sambutan, kegiatan Launching Pantai Jati ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan gerakan aksi bersih pantai. Diketahui bahwa masyarakat sekitar pantai dan karang taruna Pantai Jati ikut serta dalam kegiatan. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *