Menjelang akhir tahun, setelah berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Forum Kota Sehat untuk menggenjot program Kabupaten/Kota Sehat (KKS), kali ini, Kota Padang menerima dua pengahargaan.

Dua penghargaan itu ialah Swasti Saba kategori Wiwerda dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Madya, dengan diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta.

Usai menerima penghargaan tersebut, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada kepala OPD terkait yang telah berjuang memenuhi kriteria nilai, sehingga meraih dua penghargaan.

“Kategori Saba Wiwerda sama seperti penghargaan perak. Semoga tahun mendatang Kota Padang bisa meraih Wistara, kita juga mendapatkan STBM kategori Madya ini menandakan  Kota Padang telah menjalankan agenda dari pemerintah pusat dan bisa mengaplikasiknnya di masyarakat,” ujar Ekos.

Dia menambahkan, Pemko Padang akan terus bekerja keras dalam mengusung program KKS tersebut, sehingga mampu mewujudkan Kota Padang sebagai kota sehat.

“Kita harus berjuang lagi menjadi wistira, di STBM akan diupayakan menjadi paripurna, artinya tetap keras untuk meningkatkan kesehatan, sehingga Padang menjadi kota sehat yang sempurna,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu Wakil Presiden yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy mengungkapkan penghargaan ini sebagai upaya dalam mempercepat pelayanan kesehatan.

“Sebagai bentuk pelayanan kesehatan yang berkualitas hingga menyeluruh seluruh Indonesia, kita harus berkolaborasi karena itu tanggung jawab kita antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata Muhadjir.

Sama halnya dengan penjelasan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bahwa banyak yang harus dilakukan kepala daerah untuk menciptakan suasana yang baik agar menciptakan masyarakat sehat.

“Cegah masyarakat indonesia untuk tidak terkena penyakit menular, tidak terkena penyakit tidak menular, dan tidak terkena penyakit jiwa. Selamat kepada kepala daerah yang sudah berhasil, lebih baik dari yang lain dalam menciptakan daerah yang lebih sehat,” jelasnya.

Diketahui pada malam penganugerahan itu juga diserahkan penghargaan bagi enam provinsi pembina terbaik dalam memfasilitasi keberhasilan kabupaten/kota sehat, selain itu juga penhargaan kepada satu provinsi mencapai 100% keberhasilan stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan di seluruh kota/kabupaten.

Selain itu, juga diserahkan swasti saba ketegori wistara bagi 27 kabupaten/kota, kategori wiwerda 34 kabupaten kota dan kategori padapa 75 kabupaten/kota.

Kemudian, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Pratama 20 kabupaten/kota, kategori Madya sembilan kabupaten/kota dan kategori Paripurna empat kabupaten/kota.

Dalam hal tersebut turut hadir Wawako Ekos Albar dan beberapa jajaran Pemko Padang, seperti Asisten I Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kadis Kesehatan Srikurnia Yati, Kadis Kominfo Boby Firman, serta Ketua Forum Kota Sehat Rukayah Anwar. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: