Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru – Padang ruas Bangkinang – Pangkalan Koto Kampar, Riau.

Pembangunan jalan tol tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp4,8 triliun.

Alhamdulillah, hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan Tahap 1, yaitu Bangkinang Kota Kampar telah selesai, dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak 2019-2024, menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan,” katanya dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/5/2024).

Presiden menjelaskan, jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra dan berharap jalan tol itu terus bersambung.

“Ini adalah sirip dari Tol Trans Sumatra yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai ke dari Pekanbaru sampai ke Kota Padang,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Negara juga meresmikan perbaikan jalan daerah di Riau. Inpres jalan daerah ini sepanjang 63 km dengan total anggaran Rp369 miliar.

“Kedua berkaitan dengan jalan daerah di provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar juga selesai,” jelasnya.

Jokowi meminta kepala daerah setempat untuk membuat jalan inpres daerah itu tersambung dengan kawasan produktif, sehingga perbaikan itu akan membawa manfaat bagi mobilitas orang dan barang.

“Saya hanya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif, kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata, sehingga betul-betul ada manfaatnya bagi rakyat untuk pertumbuhan ekonomi daerah dan juga mobilitas orang dan barang bisa lebih cepat sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain di dunia,” tuturnya. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: