Jelajah Cycling Series Minangkabau 2023 Bawa Berkah untuk UKM

UMKM32 Dilihat

Event balap sepeda Jelajah Cycling Series (JCS) Minangkabau 2023 membawa berkah untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan masyarakat sekitar lokasi acara di Batusangar, Kabupaten Tanah Datar.

Lebih khusus lagi adalah bagi para pedagang kuliner dan souvenir atau cinderamata yang ada di sekitar lingkungan Istana Basa Pagaruyung.

Salah satu pedagang souvenir khas Minangkabau, Mei Riawati (65 tahun) mengatakan, omset penju­a­lannya jauh meningkat diban­dingkan dengan dari hari biasanya.

Dia mengakui pada saat acara tersebut, omsetnya telah mencapai Rp500.000, padahal masih setengah hari berjualan. Mei menilai kondisi tersebut akibat dari adanya kegiatan JCS Minangkabau 2023, sehingga jumlah kunjungan ke kawasan Istana Basa Pagaruyung naik.

Pada hari biasanya, omset penjualan produk barang yang di jual Mei hanya berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000 dalam satu hari.

Alhamdulillah, kegiatan ini telah membantu penjualan kami para pedagang kecil, yang berbelanja tidak hanya pengunjung tetapi juga para pembalap. Tadi, baru saja sampai, para pembalap sepeda langsung menyerbu toko saya,” kata Mei sambil berjualan di Kawasan Istana Basa Pagaruyung, Batusangar, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (4/3/2023).

Menurutnya, produk yang paling diminati oleh para pembalap adalah sendal datuak dan gantungan kunci, mungkin karena bentuknya yang unik, sarat akan budaya serta cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

“Produk yang paling diminati itu, sendal datuak dan gantungan kunci, mungkin untuk dijadikan oleh-oleh bagi para tamu,” jelasnya.

Selain Mei Riawati, ada juga Sinta (24 tahun), yang berprofesi sebagai penjual minuman. Dia juga mengaku sangat beruntung, karena banyak pembeli saat kegiatan JCS Minangkabau 2023.

“Saya sangat beruntung hari ini, sejak pagi belum ada yang belanja. Begitu datangnya para pembalap, warung kopi saya mendadak ramai dan banyak pesanan,” tutur Sinta.

Dia berharap, pemerintah daerah dapat terus menyelenggarakan berbagai event, bahkan jika memungkinkan sebaiknya dilaksanakan satu bulan sekali, agar para UKM dapat terbantu penjualan produknya. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *