Menparekraf Launching Road To World Islamic Enterpreneur Summit 2025

UMKM39 Dilihat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno secara resmi melakukan launching acara Road To World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) 2025 di Aula Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar), bertepatan dengan penamaan Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, pada Minggu (7/7/2024).

Mengangkat tema Masjid sebagai Pusat Pemberdayaan, Wirausaha dan Inovasi, rangkaian Road To WIES 2025 diisi dengan penampilan seni Sumbar dan talkshow yang menghadirkan para tokoh dari dalam dan luar negeri.

Sandiaga dalam sambutannya menyebutkan, WIES 2025 diharapkan dapat mengulang suksesnya pagelaran WIES pertama kali tahun 2023 yang diikuti oleh 20 negara, dengan menghadirkan 10.000 lebih pengunjung dengan capaian transaksi ekonomi lebih kurang Rp150 miliar.

“WIES 2025 nanti kita harapkan bisa menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatra Barat, Indonesia dan dunia. Ini merupakan kerja sama yang akan membangun Sumatra Barat sebagai episentrum, bukan sebagai pelengkap, tapi episentrum pusat kewirausahaan Islam di dunia dan juga pusat industri halal dunia,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Road To WIES 2025.

“Pada hari ini mari kita sambut dengan rasa syukur kegiatan Road To WIES 2025, sebagai rangkaian peringatan 1 Muharram 1446 H di Masjid Raya Sumatra Barat yang hari ini kita beri nama Masjid Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi,” jelasnya.

Mahyeldi berharap kegiatan Road To WIES 2025 bisa menjadi semangat kebangkitan, semangat hijrah ke arah lebih baik, sektor pariwisata yang lebih maju, kunjungan yang lebih meningkat, sarana prasarana yang lebih baik, dan pengelolaan pariwisata yang lebih sempurna untuk masa-masa yang akan datang,” jelasnya.

Selain itu, dia menegaskan bahwa Road To WIES 2025 merupakan serangkaian persiapan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat yang berkolaborasi dengan stakeholders terkait dalam menyambut WIES 2025.

“Acara Road To WIES 2025 ini bertujuan untuk mempromosikan kegiatan WIES 2025 kepada masyarakat luas, khususnya para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, tidak hanya sekedar promosi, juga berfungsi sebagai platform untuk mendiskusikan inovasi, kolaborasi dan strategi dalam menghadapi tantangan industri,” ungkapnya.

Terakhir, Gubernur berharap kegiatan Road To WIES 2025 bisa menciptakan sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak dalam meyukseskan WIES 2025.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terbentuk sinergi yang kuat, antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat, media, beserta seluruh stakeholder lainnya, dalam mengoptimalkan ekonomi kreatif dan pariwisata di Sumatra Barat,” tuturnya.

Selain itu, Mahyeldi menyatakan, WIES 2025 menjadi ajang yang sukses dan membawa manfaat besar bagi perkembangan ekonomi dan pariwisata dan memperkuat posisi Sumatra Barat di kancah internasional.

Turut hadir pada kegiatan Road To WIES 2025, Bupati/Walikota, Forkompinda, Ketua Tim PKK Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Kepala Dinas Pariwisata Kab/Kota se-Sumbar, Ketua BPPD Sumbar, Kepala BUMN/BUMD, Kepala Instansi Vertikal, Rektor Universitas Negeri/Swasta dan tokoh masyarakat.

Ada juga hadir, Bundo Kanduang, insan pers, juga tampak hadir tamu dari luar negeri, yakni Manajer Program Pengembangan Industri Halal Departemen Perdagangan dan Industri Filipina, COO dan Co-founder Incitement Malaysia, serta Presiden Direktur MFB and Co. Company dari Arab Saudi yang juga merupakan keturunan dari Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *