PT Bank Nagari mengingatkan adanya potensi kejahatan saat transaksi digital selama mudik dan Lebaran 2024, nasabah perlu meningkatkan kewaspadaan.

Penjabat Sementara (Pjs) Direktur Utama Bank Nagari Gusti Candra didampingi Hardi Putra (Pimdiv Teknologi dan Digitalisasi) serta Henri Budiman (Pimdiv Dana dan Treasury) mengatakan, selagi tahu dan mengerti cara aman bertransaksi, modus yang mungkin dihadapi bisa diatasi secara baik.

“Menjelang Lebaran aktivitas seseorang menggunakan jasa perbankan biasanya bertambah, apalagi jika memerlukan uang tunai yang menyebabkan nasabah harus mengambil dana ke mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Hal ini perlu untuk diwaspadai juga. Kami dari Bank Nagari punya tips yang bisa diikuti oleh nasabah,” katanya dalam keterangan tertulis.

Dia menyebutkan bahwa kenali modus kejahatan yang mungkin terjadi saat bertransaksi di ATM dan tingkatkan kewaspadaan.
Menurut Gusti, ada beberapa modus kejahatan yang mungkin terjadi di lokasi ATM, misalnya minta bantu transfer.

Waspada jika ada orang tidak dikenal minta bantu untuk transfer dana dengan menggunakan kartu ATM nasabah.

“Ingat, transaksi di ATM bersifat pribadi dan rahasia. Banyak tindak kejahatan diawali dengan modus ini, jadi selalu berhati-hati,” ujar dia.

Selain itu, jangan pernah menghubungi nomor telepon lain yang mengatasnamakan call center resmi Bank Nagari, karena call center resmi tidak pernah meminta data rahasia seperti nomor pin nasabah. “Call Center Bank Nagari hanya 150234, tidak ada yang lain.”

Dia menuturkan, hal yang juga patut diwaspadai menurut Gusti adalah Phising dan Soceng merupakan modus kejahatan perbankan yang marak saat ini.

“Perlu berhati-hati dengan penipuan berkedok undian berhadiah dan undangan pernikahan melalui Whatsapp, Instagram dan media sosial lainnya,” ujarnya.

Tindakan ini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan link ataupun aplikasi yang jika di klik oleh nasabah maka data-data pada handphone nasabah dengan mudah dapat dicuri oleh penipu tersebut.

Teliti dahulu sebelum klik ini itu, cek akun asal promo, pastikan informasi promo produk atau program yang ditawarkan benar dari Bank Nagari dengan cara menghubungi atau mengakses channel resmi Bank Nagari, seperti Nagari Call 150234, situs www.banknagari.co.id, Instagram @banknagari.co.id, Facebook banknagari.co.id, dan Youtube Bank Nagari.

Jika promo mewajibkan anda memberikan data rahasia (PIN ATM/Mobile Banking, Password, dan kode OTP), maka dapat dipastikan itu penipuan.

Selalu waspada, jangan mudah tertipu, cek dulu sumber informasinya. Jangan pernah memberitahukan Nomor Kartu ATM, Nomor Rekening, Pin ATM, Kode Akses Mobile Banking, Pin Mobile Banking dan Kode OTP kepada siapapun, baik melalui telepone, WhatsApp, pengisian formulir atau secara langsung.

Pihak Bank Nagari tidak pernah meminta PIN ATM, mobile banking atau kode OTP kepada nasabah dan dimohon nasabah tetap menjaga kerahasiaannya.

Bank Nagari juga mengimbau kepada nasabah bahwa tetap waspada dan berhati-hati terhadap link-link melalui Whatsapp, serta aplikasi yang tidak jelas dan jangan gampang terpengaruh dengan undian hadiah dan lainnya, biasanya yang dikirim melalui media social, seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook.

“Untuk lebih nyaman bertransaksi terdapat berbagai pilihan transaksi digital penggunaan Nagari Mobile Banking, Nagari cash management dan pembayaran melalui QRIS,” jelasnya. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: