Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin direncanakan melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Barat (Sumbar) pada 4-5 Mei 2023.

Sebanyak 1.500 personel gabungan akan dikerahkan untuk pengamanan kedatangan Wapres tersebut.

Mereka terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kepolisian, Damkar, dan Satpol PP.

Sekitar 1.500 personel gabungan ini mengikuti apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan kunjungan Wapres di Lapangan Imam Bonjol Kota Padang, Rabu (3/5/2023).

Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Pangdam I/BB Mayor Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin selaku panglima komando tugas gabungan terpadu pengamanan VVIP.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Danrem 032/Wbr, Danlanud Sutan Sjahrir, Danlantamal, dan segenap Unsur Forkopimda Sumbar.

Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan, tujuan diselenggarakan apel gelar pasukan pengamanan ini, yaitu untuk menegaskan komitmen tugas dan mengecek secara fisik tentang kesiapan personel maupun material yang akan dilibatkan dalam pengamanan VVIP.

“Juga untuk mengetahui secara langsung tentang keadaan dan hambatan yang dihadapi setiap satuan yang mendapat tugas dan tanggung jawab pengamanan dimulai dari kedatangan selama berlangsungnya kunjungan Wakil Presiden dan ibu Hj Wury Ma’ruf Amin,” ujarnya dari situs korem032wbr.mil.id pada Rabu (3/5/2023).

Mayjen TNI Achmad Daniel mengingatkan bahwa tugas pengamanan ini merupakan tugas negara yang harus dilaksanakan dengan baik dan maksimal, serta tidak boleh dianggap sebagai kegiatan rutinitas.

“Jadi, masing-masing satuan tugas baik secara perorangan maupun satuan sudah siap melaksanakan tugas. Mampu menangkal berbagai kerawanan dan kontinjensi yang mungkin terjadi selama kunjungan kerja Wakil Presiden dan ibu Haji Ma’ruf Amin di wilayah Provinsi Sumatra Barat,” tuturnya.

Achmad Daniel memerintahkan kepada seluruh unsur yang terlibat dalam tugas pengamanan agar selalu bersinergi dan memahami serta mempedomani protap pengamanan VVIP.

“Cegah terjadinya kelengahan dengan selalu meningkatkan kepekaan dan kewaspadaan, pegang teguh disiplin dan pahami rantai komando,” ungkapnya.

Selain itu, dapat melaporkan bila terdapat hal-hal menonjol dan kejanggalan yang ditemukan dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Rencananya, Wapres beserta ibu menaiki pesawat Boeing 737-400 TNI AU dan lepas landas dari Bandara Sultan Thaha Provinsi Jambi menuju Bandara Internasional Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: