Wagub Sumbar Terima Site Visit Team Asian Development Bank

Ekonomi9 Dilihat

Team Asian Development Bank melakukan diskusi Pengembangan Pelabuhan Perikanan (PPS) Bungus dalam rangka Reconnaissance Mission Proyek Integreted Fishing Port and International Fish Markets Phase II Calon Lander Asian Development Bank (ADB) di Aula DKP Sumatra Barat, Kamis (26/01/2023).

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy menerima Site Visit Team Asian Development Bank tersebut didampingi oleh Asisten 2, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Kepala DPMPTSP, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Tim ADB, Bappenas dan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, serta Kepala UPTD dan Kepala Dinas tujuh Kabupaten/Kota Pesisir.

Menurut wagub, potensi kelautan dan perikanan di Sumatera Barat yang masih terbuka luas untuk dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat dan investasi baik itu untuk penangkapan ikan dan budidaya laut, seperti budidaya kepiting sistem apartemen dan juga untuk pariwisata bahari.

Audy berharap peran PPS Bungus lebih ditingkatkan lagi dengan banyaknya aktifitas pendaratan ikan komoditi ekspor terutama ikan tuna mengingat potensi ikan tuna yang besar di perairan Sumbar.

Wagub juga sangat mendukung dan menyambut positif rencana ADB untuk pengembangan pelabuhan perikanan yang terintegrasi dan pasar perikanan berskala internasional di PPS Bungus.

“Kami berharap bisa meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan yang di bawah kewenangan provinsi, terutama pelabuhan pendaratan ikan Air Bangis dan Carocok Tarusan,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala DKP juga mempresentasikan peragaan dan potensi perikanan tangkap serta informasi terkait pelabuhan perikanan yang di bawah kewenangan Provinsi, baik kondisi sarana dan prasarana pelabuhan dan pengelolaannya.

Tim ADB yang diwakili Mr. Dillan dan Jimmi menyampaikan bahwa rencana project ini, yang nantinya berupa dana pinjaman lunak dari ADB dapat dibangun fasilitas yang memiliki standar internasional.

Komoditi yang didaratkan di pelabuhan memiliki kualitas yang tinggi bisa menembus pasar Eropa dan Amerika Serikat dan memberikan value added dan revenue. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *